Jumat, 19 April 24

Tanah di Kampung 3G Malang Telah Tersertifikasi Seluruhnya

Tanah di Kampung 3G Malang Telah Tersertifikasi Seluruhnya
* Kampung 3G Di Malang (foto : Humas ATR/BPN)

Jakarta, Obsessionnews.com  – Kampung 3G (Glintung Go Green) di Kota Malang kini seluruhnya sudah tersertifikasi tanahnya. Sertifikat tanah diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Surya Tjandra kepada warga di Taman Garuda, Glintung, Malang beberapa waktu lalu.

Tahun ini, warga kampung 3G, mengikuti Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), sehingga kini telah bersertifikat semua. Surya Tjandra mengaku terkesan dengan adanya kampung 3G ini. Ia mengatakan akan terus mendukung gerakan serupa di berbagai wilayah lainnya di Indonesia.

“Ini prototype reforma agraria perkotaan, ini juga dapat menjadi model untuk daerah lain,” ujar Surya Tjandra beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur Virgo Eresta Jaya mengatakan apa yang telah dilakukan warga Kampung 3G merupakan bentuk lain dari pemberdayaan masyarakat. “Tidak hanya selalu usaha komersial tapi bisa juga dalam bentuk upaya penataan lingkungan sehingga tercipta lingkungan tinggal, lingkungan kerja, lingkungan usaha yang lebih baik,” ujarnya.

Inisiator dari Kampung 3G, Bambang Irianto, menyampaikan bahwa ia siap bekerja sama dengan BPN untuk mereplikasi kampung 3G ini sebagai bentuk Reforma Agraria.

“Saya berharap apa yang saya lakukan dengan pemberdayaan masyarakat selalu saya kaitkan dengan berbagai stakeholder, perguruan tinggi, TNI Polri sehingga lebih cepat, BPN kemudian mengikuti aset reformnya. Saya berharap kampung-kampung yang saya bina, saya informasikan kepada BPN kalau di situ belum ada program PTSL segera masuk, diikat, inilah Reforma Agraria. Jadi lengkap ada aset ada aksesnya. Reforma Agraria harus berkelanjutan, tidak bisa kita hanya sertipikat saja, jadi harus Sustainable Development Goals ,” ujar penerima penghargaan Kalpataru dari Presiden Jokowi tahun 2018 lalu ini.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang, Damanhuri mewakili Rektor Unversitas Brawijaya, mendukung keinginan Bambang Irianto tersebut. “Mudah-mudahan kerja sama yang terjalin antara Universitas Brawijaya dengan BPN, dengan masyarakat ini tetap berjalan Insya Allah selalu mendukung kegiatan Kampung 3G yang berkaitan dengan pertanian termasuk juga kami akan membina masyarakat baik di Kota Malang di Kota Batu dan Kabupaten Malang,” ucap Damanhuri.

Setelah menyerahkan sertipikat pada masyarakat, Surya mencanangkan program reforma agraria perkotaan. Secara simbolik ditandai dengan penanaman tanaman buah ke dalam pot (tabulampot) oleh Surya Tjandra bersama Wali Kota Malang, Sutiaji; Bupati Malang, Sanusi; Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso; serta Plt. Kepala Kanwil BPN Provinsi Jawa Timur, Virgo Eresta Jaya.  (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.