Sabtu, 31 Oktober 20

Taman-taman Tak Terlupakan di Danau Toba  

Taman-taman Tak Terlupakan di Danau Toba   
* Foto Danau Toba. (Foto: dok. OMG)

Mengeksplorasi keindahan Danau Toba seperti tak akan pernah ada habisnya.  Destinasi wisata dunia ini memang memendam selaksa pesona yang tak bisa dilupakan begitu saja. Tak cuma wisata air, tapi juga  eksotisme taman dan perbukitan di sekitarnya. Seperti saling melengkapi keelokan yang sudah ada. Wajar kalau di antara taman-taman itu menjadi incaran penggemar selfie dan calon pengantin yang melakukan foto pre-wedding.

Taman-taman dan bukit-bukit cantik itu terhampar di beberapa kabupaten sekeliling Danau Toba. Maklum saja karena danau terbesar di Asia Tenggara ini melintasi tujuh kabupaten di Sumatera Utara. Lalu di mana saja taman-taman cantik di Danau Toba? Berikut beberapa ulasan ringkas beberapa taman dengan panorama luar biasa :

Bila kita mulai perjalanan dari Kabupaten Simalungun, yang pertama akan terlihat adalah panorama Bukit Indah Simarjarunjung yang terletak di Desa Butubayu Pane Raja, Dolok Pardamean, ini adalah pintu masuk keindahan di desa nan asri tersebut.  Karena kawasan ini adalah jalan lintas Parapat menuju Merek, Kabupaten Karo, tentu sangat mudah dikenali. Dari lokasi ini tak hanya keindahan Danau Toba jelas terlihat, tapi juga ada nuansa lain semisal banyaknya rumah pohon di sekitarnya yang menjadikan taman ini berbeda dengan taman-taman lain yang ada di sekeliling danau.

  • TWI Sitinjo, Berpadunya Keindahan Alam dan Rohani

Bagi wisatawan yang menyukai nuansa religi, bisa saja berkunjung ke Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo di Kabupaten Dairi. Di taman berbukit yang letaknya di Kecamatan Sitinjo, Kota Sidikalang, ini wisatawan bisa menemukan perpaduan keindahan alam dan keindahan toleransi antarumat beragama menyatu. Ya, di sini keindahan alam berpadu dengan nuansa rohaniah yang disimbolkan oleh kehadiran lima rumah ibadah yang diakui di Indonesia.

Karena itulah TWI Sitinjo ini disebut-sebut sebagai bagian dari tujuh tempat wisata paling unik dan langka. Tak hanya di Indonesia tapi juga dunia yang menerapkan konsep wisata religi. 

  • Taman Sipinsur, Terbaik di Humbang Hasundutan

Kemudian dari Kota Sidikalang, kita bergeser ke Desa Paerung, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan untuk menikmati taman yang eksotik. Namanya Taman Sipinsur. Letaknya tidak jauh dari Bandara Silangit, bisa ditempuh sekitar 30 menit. Sebagai salah satu lokasi wisata terbaik di Kabupaten Humbang Hasundutan di sini wisatawan bisa melihat langsung luasnya Danau Toba. Karena  taman ini berada di dataran tinggi Humbang Hasundutan wajar kalau dari situ wisatawan bisa menikmati view yang luar biasa  di sekeliling Danau Toba. 

Masih tak jauh dari Bandara Silangit, wisatawan bisa mampir di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, untuk menikmati lokasi wisata Huta Ginjang. Lokasi ini, seperti juga Taman Sipinsur,  berupa dataran tinggi. Di mana di ketinggiannya itu wisatwan bisa membebaskan mata untuk menikmati aura Danau Toba dengan segala keindahannya. Nuansa keelokan bukit pinus di sekitarnya menjadikan Huta Ginjang cukup sempurna sebagai lokasi yang nyaman bahkan hingga saatnya menunggu matahari terbit atau terbenam.

  • Taman Bunga Sapo Juma, Indah Penuh Warna

Sejatinya taman atau juga kerap disebut sebagai Kebun Bunga Sapo Juma Tongging ini adalah lokasi penginapan di pinggir Danau Toba dengan suasana yang sejuk dan tenang. Bahwa kemudian taman yang berlokasi di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, ini populer di kalangan milenial, itu tak lepas dari keberadaan taman ciamik yang ditumbuhi beraneka bunga cantik. Walhasil, tempat itu pun ramai dijadikan arena selfie, bahkan tak jarang menjadi lokasi foto pre wedding bagi para calon pengantin. Nuansanya sangat instagramable.

  • Negeri Bakkara

Tepat di pinggiran barat daya Danau Toba ada sebuah tempat yang dikenal dengan nama Negeri Bakkara. Wilayah yang super eksotik karena berada di antara dua bukit. Perpaduan nuansa hijau karena rimbunnya flora dan udara yang sejuk mampu menghasilkan aura alami yang luar biasa dan unik. Ditambah lagi ada keajaiban alam lainnya di sini, di mana  wisatawan bisa menyaksikan wilayah ini tertutup bayangan dari salah satu bukit yang ada pada satu titik tertentu dan pada saat tertentu pula.

Memang, bukan hanya itu taman dan tempat-tempat yang mampu memanjakan mata di sekeliling Danau Toba, karena masih banyak lagi yang perlu dieksplorasi.   Nikmati keindahan wisata di sekitar Danau Toba lainnya di pesona.travel. (sahrudi)

Related posts

1 Comment

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.