Rabu, 1 Desember 21

Taman Nasional Danau Sentarum Tercemar

Taman Nasional Danau Sentarum Tercemar

Kapuas Hulu, Obsessionnews – Danau Majang di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) di Kecamatan Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat (Kalbar), telah tercemar limbah sawit dari salah satu perusahaan sawit di Kabupaten Kapuas Hulu.

Danau Majang merupakan salah satu kawasan di sekitaran daerah Taman Nasional Danau Sentarum yang telah tercemar limbah sawit. “Karenanya warga desa yang berada di Desa Danau Majang, meminta pihak DPRD Provinsi Kalbar untuk segera mengambil sikap tegas dan solusi agar pihak perusahaan sawit mentaati aspek linkungan di daerahnya yang notabenenya daerah taman nasional,” kata warga Desa Majang, Zul, kepada obsesionnews.com via seluler, Kamis (9/4).

Danau Sentarum2

Pencemaran limbah sawit tersebut sudah berjalan dari 2013 sampai sekarang. Belum adanya penyediaan air bersih didaerahnya, menjadikan aliran air di danau Majang untuk konsumsi masyarakat dan ini sudah berlangsung cukup lama. “Tercemarnya air limbah sangat dirasakan masyarakat, karenanya menjadi penting sumber penghidupan masyarakat yang lebih mengantungkan hidupnya pada perairan. Kalau dibiarkan pencemaran ini berlangsung secara teru menerus, diyakini bisa membawa dampak yang lebih buruk kepada masyarakat,” paparnya.

Menurut dia, anak-anak warga Danau Majang, sering mengalami sakit perut dan penyakit lainnya, Karena warga didaerah terebut menjadikan air danau untuk konsumsi sehari-hari.

Usaha Zul bersama warga desa Majang menuntut keadilan atas pencemaran lingkungan yang dilakukan salah satu perusahaan sawit dengan cara mengaspirasikan permasalahannya kepada dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Kalbar pada saat reses ke kampung halamannya.

Ia pun berharap aspirasi ini bisa direspon dengan baik para legislator tersebut, terutama dari Daerah pemilihan (Dapil) Kapuas Hulu.

Danau Sentarum3

Secara terpisah, Iyan Sunardi dari Presidium Ikatan Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa Kapuas Hulu (IPMKH) menyebut Desa Majang adalah salah satu daerah di sekitaran Taman Nasional Danau Sentarum yang harus dijaga keasrian lingkungan dan keanekaragaman hayatinya. “Karenya itu, sangat penting sekali untuk menjaga keasrian tersebut,” ujarnya kepada obsessionnews.com.

Ia berharap, Pemerintah Provinsi Kalbar seharusnya bisa membuat regulasi untuk menyelematkan keasrian lingkungannya dan membatasi penerbitan izin kelapa Sawit. Harusnya izin-izin yang ada harus terlebih dahulu dievaluasi serta bentuk tanggungjawab sosial perusahaan juga dituntut untuk itu, kebanyakan dari masyarakat tidak mengetahui akan hal itu.

Danau sentarum4

“Hutan Kapuas Hulu merupakan jantungnya Borneo dan salah satu kebanggaan yang dimiliki Negara Indonesia, karenanya penting untuk bersama-sama menjaganya, masyarakat menantikan keadilan negara harus hadir untuk melindunginya,” jelasnya. (Saufi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.