Kamis, 24 September 20

Tak Transparan Tangani Kasus Dugaan Mahar Politik Sandiaga, Fiber Laporkan Bawaslu

Tak Transparan Tangani Kasus Dugaan Mahar Politik Sandiaga, Fiber Laporkan Bawaslu
* Ilustrasi Gedung Bawaslu RI. Sumber Foto: Tribunnews.com

Jakarta, Obsessionnews.com – Federasi Indonesia Bersatu (Fiber) menilai  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tidak transparan dalam mengusut hingga menutup kasus dugaan mahar politik, yang disebut-sebut diberikan bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno kepada PAN dan PKS.

Bawaslu juga tidak mengejar seluruh keterangan yang terlibat dalam perkara terutama keterangan dari Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief yang menjadi saksi kunci dalam kasus tersebut. Bawaslu disebut hanya fokus memeriksa keterangan pelapor beserta saksi saja, tetapi tidak memeriksa terlapor.

“Padahal, jelas sekali dalam Peraturan Bawaslu nomor 7 tahun 2018 pasal 14 huruf (b), clear di sana, salah satu cara yang dilakukan Bawaslu untuk mengumpulkan data dan keterangan terkait laporan dugaan pelanggaran pemilu ada menemui orang yang dimaksud,” kata Kuasa Hukum Fiber Zakir Rasyidin, Senin (3/9/2018).

Atas dasar itu, Fiber mengambil upaya dengan melaporkan pimpinan Bawaslu ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Dalam laporan itu, Fiber meminta DKPP untuk melakukan kajian terhadap putusan Bawaslu.

“Apakah Bawaslu fair dalam mengambil keputusan dalam kasus mahar politik. Apakah Bawaslu transparan melakukan investigasi terhadap perkara yang kita laporkan,” ujar Zakir. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.