Rabu, 27 Oktober 21

Tak Dapat PMN, Rencana Right Issue Mandiri Dipastikan Batal

Tak Dapat PMN, Rencana Right Issue Mandiri Dipastikan Batal

Jakarta, Obsessionnews – Setelah usulan pemberian Penyaluran Modal Negara (PMN) untuk PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) tidak dikabulkan oleh DPR, perusahaan perbankan plat merah tersebut batalkan rencana penerbitan saham baru (right issue).

Menurut Direktur Utama Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin usai memberikan paparan publik laporan keuangan triwulan IV-2014 di Jakarta, Rabu (11/2/2015), right issue perseroannya sedianya akan dilakukan dengan dana PMN.

“Right issue rencananya dengan PMN. Jadi, kalau PNM tidak jadi, right issue-nya tidak jadi berarti,” kata dia.

Padahal, saat tahun 2011 perusahaan plat merah tersebut juga sempat melakukan right issue tanpa PMN. “Waktu itu kita right issue hampir Rp12 triliun namun pemerintah tak mau sertakan PMN,” ujar dia.

Namun saat ini kondisinya berbeda. Selanjutnya, untuk menguatkan modal perseroan Budi berharap bisa mendapat pengurangan setoran dividen di tahun ini.

“Penguatan modal bisa dengan mengurangi dividen, biasanya setor 30 persen menjadi 20 persen yang disetorkan,” imbuh dia.

Sebagai informasi, sebelumnya Bank Mandiri berencana akan menerbitkan saham baru atau rights issue pada tahun ini. Hasilnya akan dipakai untuk memberikan kredit dalam rangka mendukung pemerintah membangun infrastruktur. (Kukuh Budiman)

Related posts