Jumat, 10 Juli 20

Tak Ajukan Banding, Novanto Terima Divonis 15 Tahun Penjara

Tak Ajukan Banding, Novanto Terima Divonis 15 Tahun Penjara
* Mantan Ketua DPR Setya Novanto saat menjalani sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta.

Jakarta, Obsessionnews.com – Mantan Ketua DPR Setya Novanto memutuskan mengikuti langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk tidak mengajukan upaya hukum banding atas vonis 15 tahun penjara yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tipikor, Jakarta.

“Rencananya tidak jadi banding, kalau KPK tidak banding. Kalau KPK banding, kami juga banding,” kata pengacara Novanto, Maqdir Ismail, di Jakarta, Senin (30/4/2018).

Novanto divonis 15 tahun penjara dan membayar denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan. Ia juga diwajibkan membayar uang pengganti 7,3 juta dollar AS dikurangi Rp 5 miliar yang telah dititipkan kepada penyidik. Menurut majelis hakim, Novanto terbukti melakukan korupsi proyek e-KTP tahun anggaran 2011-2013.

Majelis hakim juga menjatuhkan pidana tambahan, yakni mencabut hak politik Novanto selama lima tahun setelah selesai menjalani masa pidana. Majelis hakim sepakat dengan jaksa KPK perihal penolakan permohonan justice collaborator yang diajukan Novanto.

KPK menyatakan menerima putusan majelis hakim. Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengungkapkan, putusan tersebut telah memenuhi harapan KPK. Keputusan KPK tak ajukan banding agar bisa fokus pada tahap pengembangan kasus e-KTP. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.