Jumat, 24 September 21

Tak Ada Untungnya Indonesia Ikut TPP

Tak Ada Untungnya Indonesia Ikut TPP

Jakarta, Obsessionnews – Banyak nilai negatif jika Indonesia bergabung menjadi anggota Trans Pasific Partnership (TPP). Sementara itu, apa keuntungannya ?

“Positifnya saya ga tahu. Yang jelas pasar terbuka dan kita bisa mengakses AS dan Kanada juga. Jadi mungkin kita bisa belajar,” kata Firmanzah, Rektor Universitas Paramadina dalam diskusi bulanan yang digelar Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) di Jakarta, Jumat (6/11).

“Mungkin saja BUMN bisa belajar memacu kinerjanya untuk bersaing dengan perusahaan asing yang jauh lebih maju,” lanjut dia.

Tapi, soal penggunaan tenaga kerja asing, dalam TPP juga sudah disyaratkan tak boleh diintervensi. Kalau idealnya ketika ada pekerja asing lantas mereka mentransfer ilmu kepada pekerja domestik bahkan ada transfer teknologi, TPP malah mensyaratkan kalau hal ini tidak bisa dipaksakan.

Sekarang kata dia, tinggal soal pilihan yakni bagaimana caranya diuntungkan paling tidak bisa menggelar negosiasi. Jika baru masuk ke TPP lantas diwajibkan menerima saja semua aturannya, perlu juga menghitung langkah sesuai atau tidak dengan kondisi Indonesia saat ini. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.