Selasa, 19 Oktober 21

Tak Ada Istilah Keluar Sementara Bagi Yunani

Tak Ada Istilah Keluar Sementara Bagi Yunani

Jakarta, Obsessionnews – Kalau memang antara Yunani dan Uni Eropa gagal menyepakati syarat dana talangan (bailout) yang dibahas dalam pertemuan darurat pemimpin negara-negara Eropa di Brussels, Belgia, negeri Plato dimungkinkan keluar sementara dari zona euro.

Pertemuan tersebut, ditujukan guna mencari solusi agar Yunani tak kehabisan uang tunai dan tetap berada di zona euro.

Seorang pejabat senior Uni Eropa mengatakan, tak ada kemungkinan proposal untuk waktu istirahat dari zona euro bakal disetujui. Sementara pejabat lainnya bilang, opsi itu tidak memiliki dasar hukum dalam perjanjian benua biru.

Pejabat pemerintahan Yunani mengatakan, proposal yang sudah diajukan sangat buruk. Dan yang lainnya bilang, sebagian isi dari dokumen tersebut sengaja dibuat untuk mempermalukan Perdana Menteri Alexis Tsipras serta pemerintahan yang dipegang partai sayap kiri Syriza.

Dokumen proposal empat halaman yang diajukan para menteri keuangan zona mata uang euro mencakup pengesahan reformasi oleh parlemen Yunani pada Rabu (15/7), reformasi “ambisius” terhadap kaum pensiunan dan buruh, kreditor-kreditor internasional memantau pelaksanaan undang-undang secara langsung di Athena, transfer aset-aset berharga Yunani senilai 50 milyar euro untuk dana eksternal apabila terjadi privatisasi, serta perundingan mengenai waktu istirahat dari zona mata uang euro dengan restrukrisasi utang bila persyaratan dana talangan tidak disetuju.

Sementara itu, Presiden Perancis Francois Hollande menepis segala usulan waktu istirahat bagi Yunani dari zona euro. Dia bilang, tidak ada keluar sementara bagi negeri Plato.

“Yang ada hanya keluar atau tidak,” kata Hollande.

Menanggapi pernyataan Hollande, kepada wartawan Tsipras mengatakan kalau pihakbya siap berkompromi dengan jujur.

“Kami bisa mencapai kesepakatan malam ini bila itu diinginkan semua pihak,” kata Tsipras.

Namun Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan kalau aset terbesar berupa kepercayaan telah hilang dalam beberapa bulan terakhir selama negosiasi berlangsung.

“Tidak akan ada kesepakatan dengan harga apa pun. Kami harus memastikan lebih banyak pro dibandingkan kontra – bagi masa depan Yunani, untuk keseluruhan zona mata uang euro dan prinsip kerja sama kami,” demikian kata Merkel.

Memang, tidak banyak waktu yang dimilik guna mencegah keruntuhan ekonomi Yunani. Bank-bank telah berhenti beroperasi selama dua minggu dan penarikan uang di ATM pun dibatasi sebanyak 60 euro perhari bagi setiap orang.

Menteri Ekonomi Giorgos Stathakis mengatakan, jika kesepakatan baru tercapai perbankan baru bisa beroperasi lagi pada pekan ini juga.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.