Kamis, 2 Desember 21

Tahun Ini Menkop Targetkan 5 Juta Debitur KUR

Tahun Ini Menkop Targetkan 5 Juta Debitur KUR

Lombok, Obsessionnews.com – Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menegaskan kebijakan -kebijakan pemerintah saat ini fokus untuk mengangkat ekonomi kerakyatan. Di antaranya dengan memberikan kredit murah bagi UKM dan koperasi.

“Di tengah gejolak ekonomi global yang tidak menentu sekarang, pemerintah fokus membangun ekonomi kerakyatan,” kata Puspayoga melalui siaran pers, Minggu (26/6/2016).

Itu sebabnya, Puspayoga menegaskan pemerintah terus mempercepat penyaluran KUR dan dana bergulir melalui LPDB. Bunga kedua pembiayaan ini ditekan sangat rendah untuk mendorong pergerakan ekonomi di level bawah.

“Bunga LPDB sekarang mencapai bunga terendah hanya 0,2% per bulan sedangkan bunga KUR hanya 9%,” lanjutnya.

Puspayoga sangat optimistis penyerapan KUR akan menggenjot kinerja pelaku UKM. Target penyaluran KUR hingga Rp 100 triliun pada 2016 juga diyakini tercapai. Data menunjukkan penyaluran KUR hingga 20 Juni 2016 telah mencapai Rp 51 triliun dengan total debitur 2,3 juta orang.

“Saya menargetkan debitur KUR tahun 2016 akan mencapai 5 juta debitur,” ujar Menkop.

Menkop Puspayoga juga menyampaikan KUR Ritel yang saat ini sudah habis terserap akan diupayakan agar dapat berlanjut. Hal ini sudah disampaikan kepada Menko Perekonomian beberapa bulan lalu.

Puspayoga menambahkan krisis ekonomi tahun 1998 sudah membuktikan pelaku UKM adalah tulang punggung ekonomi nasional. Bagaimanapun goncangan perekonomian dunia tidak akan terasa ke ekonomi dalam negeri jika UKM kuat.

“Ekonomi kerakyatan tidak bisa diabaikan. Pembangun tanpa mengangkat ekonomi kerakyatan dan tanpa menurunkan angka kemiskinan tidak akan berguna. Itu hanya akan menimbulkan ketimpangan ekonomi,” tegasnya.

Dalam acara pertemuan bersama Menkop, Pimpinan Wilayah BRI Bali Nusa Tenggara M. Fankar Umran mengatakan penyerapan KUR di Bali, NTB dan NTT periode Januari – Mei 2016 sudah mencapai Rp 3,2 triliun dari target 4,4 triliun. Jumlah debitur 136.500 nasabah.

Dia memperkirakan penyerapan KUR di Bali, NTB dan NTT akan habis pada September 2016. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.