Senin, 18 Oktober 21

Tahun Depan Indonesia-Australia Luncurkan Kemitraan Baru

Hamburg, Obsessionnews.com – Pertemuan bilateral antara Presiden RI, Jokowi dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull menghasilkan forum kemitraan baru, yakni Indonesia-Australia Comprehensive Strategic Partnership.

“Jadi, ini adalah merupakan suatu kemitraan yang baru yang akan di launch pada tahun depan oleh kedua negara,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral di Hotel Steigenberger, Hamburg, Jerman, Jumat (7/7/2017).

Retno mengatakan inti dari Indonesia-Australia Comprehensive Strategic Partnership ini adalah untuk menunjukkan kedekatan dan juga hubungan yang semakin erat antara kedua negara, setelah Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) yang telah ada sebelumnya.

“Jadi, kalau CEPA insya Allah dapat diselesaikan tahun 2017 maka di 2018 kita akan membutuhkan strategic partnership antara Indonesia dan Australia,” katanya.

Retno menjelaskan Indonesia-Australia Comprehensive Strategic Partnership memiliki cakupan yang lebih luas, yang menyangkut di dalamnya masalah pendidikan, kebudayaan, politik, maupun mekanisme lain yang lebih luas lagi.

“Jadi, kalau CEPA itu aturannya mengenai masalah tarif, berapa, berapa item yang diatur dan sebagainya. Jadi, truly on investment. Kalau yang partnership yang strategic partnership ini meng cover semua yang terkait dengan hubungan bilateral,” tukas Menlu. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.