Kamis, 2 Februari 23

Tahun Baru Islam, Momentum Hijrah Kepada Allah dan Rasul-Nya

Hijrah dengan Hati

Pada saat perpindahan tahun hijriyah, ‘Hijrah’ menjadi kata-kata yang paling sering disebut. Kata ‘hijrah’ sendiri berasal dari Bahasa Arab, yang bermakna meninggalkan, menjauhkan diri atau berpindah tempat.

Dalam konteks sejarah, hijrah adalah kegiatan perpindahan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw. bersama para sahabat beliau dari Makkah ke Madinah, dengan tujuan mempertahankan dan menegakkan risalah Allah, berupa akidah dan syari’at Islam.

Dengan merujuk kepada hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. tersebut sebagaian ulama ada yang mengartikan bahwa hijrah adalah keluar dari ‘darul kufur’ menuju ‘darul Islam’. Keluar dari kekufuran menuju keimanan.

Pada realitas sejarah, hijrah senantiasa dikaitkan dengan meninggalkan suatu tempat yaitu adanya peristiwa hijrah Nabi dan para sahabat meninggalkan tepat yang tidak kondisuf untuk berdakwah.

Bahkan peristiwa hijrah itulah yang dijadikan dasar umat Islam sebagai permulaan tahun Hijriyah. Sementara sebagai salah satu prinsip hidup, hijrah harus senantiasa dimaknai dengan benar. Secara bahasa hijrah berarti meninggalkan.

Pages: 1 2 3 4 5 6

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.