Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Tahun 2045, 80% Penduduk Indonesia akan Bermukim di Kota

Tahun 2045, 80% Penduduk Indonesia akan Bermukim di Kota

Tangerang, Obsessionnews.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI, Prof Dr Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, pada tahun 2045 mendatang, 80% penduduk Indonesia akan tinggal di perkotaan.

Bambang menyampaikan tentang perkotaan ini saat acara Smart Indonesia Initiatives Conference di Nusantara Hall, ICE BSD, Tangerang, Banten, Senin (18 /9/2017).

Oleh karena itu, jelas Bambang, mulai saat ini sudah harus diantisipasi hal-hal yang akan menjadi kebutuhan warga Kota. Misalnya, untuk 20 kota di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk yang banyak, sudah harus membuat konsep angkutan massal berbasis rel, untuk segera diwujudkan ke depan.

Pemerintah sendiri, tegasnya, juga memiliki banyak pekerjaan rumah, diantaranya bagaimana mengintegrasikan semua sistem informasi teknologi yang ada di semua pemerintah kota, bagaimana meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam hal layanan publik serta membuat regulasi yang baik agar dapat mengantisipasi bisnis online yang semakin menjamur, agar semua pelaku berada di level yang sama (the same level of playing field).

Dalam keterangan resmi yang diterima Obsessionnews.com ini juga menjelaskan, Kepala Bapeda mengatakan Konsep Smart Economy yang akan diarahkan oleh Pemerintah berdasarkan RPJMN (2015-2019) adalah city branding (produk unggulan, SDM, karakter sosial dan budaya).

Lainnya dengan e-business (mengembangkan peran layanan sistem informasi industri dalam meningkatkan nilai tambah perekonomian kota), meningkatkan kemampuan inovasi SDM dalam inovasi dan kewirausahaan dan elektronifikasi (transaksi manual menuju ke transaksi online). (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.