Jumat, 9 Desember 22

Tahun 2021, Kakanwil Kemenkumham Jakarta Buat Terobosan Kebijakan

Tahun 2021, Kakanwil Kemenkumham Jakarta Buat Terobosan Kebijakan
* Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Liberty Sitinjak. (Foto: Ng)

Jakarta, Obsessionnews – Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Liberty Sitinjak akan melakukan beberapa tugas pokok dan fungsi guna meningkatkan kualitas pelayanan di lapas dan rutan di DKI Jakarta.

“Saya minta agar restribusi pemindahan tahanan dari Jakarta ke daerah daerah. Karena kapasitas tampung di Jakarta hanya 5000 orang tapi sekarang kita sudah menampung sekitar 16000 orang”, ujar Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta Liberty Sitinjak kepada wartawan di kantornya, Selasa (26/1/21).

Liberty menjelaskan rutan Salemba dan rutan Cipinang yang sudah mempunyai hukum tetap terutama hukuman diatas 3 tahun harus semua digeser ke lapas. Karena rutan itu bukan tempat narapidana tapi tahanan.

Sejalan dengan itu, perintah itu kita lakukan pada saat itu kita kerja hanya 25% tapi perintah itu jalan. Tapi yang dikerjakan rutan Cipinang dulu karena pegawainya terbatas.

Selain itu juga saya juga meminta lakukan juga pemindahan di salemba karena di sana sudah di kaper lagi terlalu banyak tahanan narapidana.

Selanjutnya, tugas pokok yang akan kita gencarkan yaitu memerintahkan persatuan kesehatan lapas agar usia di atas 50 tahun tidak boleh masuk ke Satker, karena diperhitungkan lebih rentang di situasi pandemi saat ini.

Selain itu, lanjut Liberty, meminta kepada tenaga kesehatan agar setiap orang yang dibawa kerumah sakit dari pengayoman maupun diluar harus ada laporan. Karena yang mengetahui benar napi itu sakit adalah dokter.

Kakanwil juga menyampaikan pencegahan covid-19 sudah dilakukan dengan adanya kegiatan pengecekan kesehatan terhadap pegawai maupun napi. Terdapat di tahun 2020 dengan pengecekan Rapid test dan sistem Sampling. Sebanyak 2323 dengan pengecekan sistem Sampling dan Rapid Test 443. Dari semua itu di bulan Oktober 2020 ada 3 pegawai terdeteksi dan 1 bulan kemudianya sudah dinyatakan sembuh. Dan untuk napi di tahun 2020 terdeteksi sebanyak 40 orang selama 2020. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.