Selasa, 28 September 21

Tahun 2016 Sungai di Bandung Bebas Sampah

Tahun 2016 Sungai di Bandung Bebas Sampah

Bandung, Obsessionnews – Walikota Bandung Ridwan Kamil menegaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menargargetkan tahun 2016 sungai di Bandung bebas sampah.

Hal ini ditegaskannya saat menghadiri workshop “Babarengan Bebenah Sungai Cicadas” (Bersama-sama membenahi sungai Cicadas) di Jalan Babakan Surabaya, Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, Minggu (29/11).

“Ini sesuai target kami bahwa 2016 ini sungai di Bandung harus bersih, jadi jika ditanya sungai mana yang paling bersih, kita komitmenkan di Cicadas,” ujar Ridwan Kamil.

Ridwan mengatakan di tahun 2016 targetnya adalah kebersihan sungai, setahun berikutnya di 2017 targetnya sungai terbebas dari limbah domestik dan limbah industri.

“Mudah mudahan dalam waktu tiga tahun sungai-sungai di Bandung sudah bersih, jalan -alan sudah bersih dan sistem kebersihan udah lebih baik,” katanya.

Ridwan pun berharap budaya kebersihan seperti gerakan pungut sampah (GPS) sudah dapat benar-benar membudaya, regulasi dapat dipatuhi dan infrastruktur pun akan dibenahi.

Ridwan menambahkan  kemungkinan akan dijadikannya wisata air di sungai cicadas ini masih perlu dikaji.

“Kita lihat debit air dulu, kalau debit air tinggi, sangat memungkinkan untuk dijadikan tempat wisata,” jelasnya.

Menurutnya sungai-sungai di Bandung membelah berbagai kawasan mulai dari pusar bisnis, hutan kecil dan pemukiman.

Untuk sungai yang melintas di pemukiman warga, sungai Cicadas dipilih menjadi sungai percontohan yang ditata dengan baik.

“Karena kan di Bandung ada yang membelah pusat bisnis, ada yang membelah hutan kecil, ada yang membelah pemukiman, jadi ada percontohan-percontohn. Nah percontohan yang melewat pemukiman kita titip di cicadas, masih bisa dimenej dengan baik,” tandasnya.

Penataan juga dilakukan untuk kawasan rumah yang berada di bantaran sungai.

“Tahun depan kita ngebut apartemen rakyat, di mana salah satunya ada transit apartemen, yang dimaksudkan memindahkan mereka-mereka yang tinggal ilegal di bantaran sungai ke pemukiman yang lebih layak,” cetusnya.

Usai acara, Ridwan menyempatkan diri untuk menanam pohon di bantaran sungai dan menabur Ikan di Sungai Cicadas. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.