Selasa, 18 Januari 22

Tagih Wajib Pajak di Jateng Libatkan BIN dan Polisi

Tagih Wajib Pajak di Jateng Libatkan BIN dan Polisi

Semarang, Obsessionnews – Kejadian penikaman dua juru sita pajak negara di Nias, Sumatera Utara ketika bertugas di lapangan menjadi evaluasi bagi Kantor Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah (Jateng). Kepala Kanwil DJP Jateng, Dasto Ledyanto menegaskan akan segera melakukan koordinasi dengan Badan Intelijen Negara (BIN) sebelum anak buahnya mengambil pajak di daerah rawan.

“Kami akan berkoordinasi dengan BIN di daerah untuk memitigasi wilayah-wilayah yang ada potensi kerawanan. Sehingga sebelum kami turun ke lapangan kami sudah tahu,” kata dia, Jumat (14/4/2016).

Disamping itu, DJP Pajak Jateng juga akan memintah pengawalan aparat kepolisian bagi petugas pajak yang bertugas di lapangan. “Kalau turun ke sana kami akan minta pendampingan ke kepolisian. Seperti saat kami lakukan penyitaan,” ujar Dasto menegaskan.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu dua juru sita pajak negara bernama Parada Toga Fransriano S dan anggota satuan pengamanan, Soza Nolo Lase, di Nias, Sumatera Utara dibunuh oleh pengusaha karet, Agusman Lase, saat hendak menarik pajak senilai Rp 14 miliar.

Menurut Dasto, besarnya nilai pajak Agusman memunculkan indikasi bahwa dia bukan hanya sekedar pengusaha karet yang memiliki satu perusahaan saja. “Bisa jadi yang dilaporkan dalam SPT, usahanya A. ternyata, dia punya usaha B,C,D yang tidak dilaporin. Jadi wajar tunggakannya segitu,” ujar Dasto.

Pihaknya juga menjelaskan, terdapat sejumlah wajib pajak yang memiliki nilai tanggungan pajak mencapai miliaran rupiah. Angka tunggakan pajak tersebut bahkan mempunyai nominal lebih dari Agusman. Meski begitu, ia enggan menyebutkan siapa saja Wajib Pajak dimaksud.

“Di Jateng ada yang menunggak pajak Rp 20 miliar. Kita punya simpul-simpul data dengan lakukan pengamatan, penyisiran, krosceck data,” tandasnya. (Yusuf IH, @HanggaraYusuf)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.