Sabtu, 4 Februari 23

Tagar #PKHSuperGusIPulPuti Jadi ‘Trending Topic’ di Twitter

Tagar #PKHSuperGusIPulPuti Jadi ‘Trending Topic’ di Twitter

Jakarta, Obsessionnews.com –  Salah satu program pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang diteruskan oleh pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) adalah Program Keluarga Harapan (PKH). PKH yang digulirkan pada 2017 di era SBY merupakan program untuk menanggulangi kemiskinan.  PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka. Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.

Penyaluran bantuan sosial PKH diberikan kepada KPM yang ditetapkan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga. Penyaluran bantuan diberikan empat tahap dalam satu tahun, bantuan PKH diberikan dengan ketentuan nilai bantuan merujuk Surat Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Nomor 26/LJS/12/2016 tanggal 27 Desember 2016 tentang Indeks dan Komponen Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan Tahun 2017. Komponen bantuan dan indeks bantuan PKH adalah bantuan sosial PKH Rp. 1.890.000, bantuan lanjut usia Rp. 2.000.000, bantuan penyandang disabilitas Rp. 2.000.000, serta bantuan wilayah Papua dan Papua Barat Rp. 2.000.000.

PKH menjadi salah satu tema kampanye duet Saifullah Yusuf (Gus Ipul) – Puti Soekarnoputri untuk menarik simpati masyarakat pada Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2018 pada Juni mendatang. Pasangan yang diusung PDI-P, PKB, PKS, dan Gerindra ini  menciptakan PKH Super untuk melengkapi PKH yang dikembangkan Presiden Jokowi. Kata super dibubuhkan demi memberi tambahan layanan, yakni pemberian modal usaha untuk perempuan miskin melalui Jalin Matra (Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera), pemenuhan gizi untuk masyarakat miskin, dan Kartu Jatim Sehat bagi keluarga yang belum terlindungi jaminan kesehatan nasional.

PKH Super gencar diberitakan di media massa dan tagar  #PKHSuperGusIPulPuti menjadi trending topic di media sosial Twitter pada Kamis (19/4/2018). Pantauan Obsessionnews.com hingga pukul 8.47 WIB terdapat 1.859 tweet dengan tagar #PKHSuperGusIPulPuti.

Berikut tweet  dari beberapa netizen:

@putririzqiaa: Pogram kesejahteraan dapat langsung dirasakan rakyat. Ini juga memastikan arah pengelolaan anggaran pemerintahan dari Gus Ipul #PKHSuperGusIPulPuti.

@sehuinl: Fasilitas Kesehatan di Jatim wajib diperbaharui, dan butuh seorang yg bersih dalam kesehariannya #PKHSuperGusIPulPuti.

@ikejulaiha: jika Gus Ipul dan Puti terpilih, mereka berdua akan menjalankan pendidikan gratis untuk SMA dan SMK Negeri yang dikelola Pemerintah Provinsi Jawa Timur #PKHSuperGusIPulPuti.

@pandaramah: Paslon Ipul – Puti melambangkan keseimbangan dan keserasian #PKHSuperGusIPulPuti.

@Dewi_L3stary: #PKHSuperGusIPulPuti Kabeh sedulur Kabeh Makmur Bersama @GusIpul_ID @puti_soekarno.

@iffah_af: #PKHSuperGusIPulPuti #PKHSuperGusIpulPuti #GustiNgawi Pilih @GusIpul_ID dan @puti_soekarno sbg gubernur dan wkl gubernur jatim 2018-2023. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.