Kamis, 26 Mei 22

Syarat Wajib Kredit Rumah DP 0 Rupiah, Cukup KTP Warga DKI

Syarat Wajib Kredit Rumah DP 0 Rupiah, Cukup KTP Warga DKI
* Anies Baswedan

Jakarta, Obsessionnews.com – Pertarungan memperebutkan kursi nomor satu di DKI Jakarta masih terus bergulir untuk putaran kedua, 19 April 2017. Masing-masing Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta yakni pasangan Cagub dan Cawagub Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi) melawan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) telah memaparkan programnya untuk menarik simpati dari calon pemilih Pilkada serentak DKI pada putaran kedua ini.

Salah satu program duet Anies-Sandi adalah menjanjikan kridit hunian rakyat yang terjangkau dan down payment (DP) atau uang muka 0 rupiah. Namun, ada syarat khusus bagi warga yang ingin mengajukan kredit rumah dengan DP 0 rupiah, yakni terdaftar sebagai warga DKI Jakarta dan mempunyai KTP DKI.

“Prioritas pertama yang menjadi sasaran program tersebut adalah warga yang telah menjadi warga DKI dalam jangka waktu tertentu (misalnya 5 tahun, dibuktikan dengan sejak kepemilikan KTP DKI),  untuk menghindari adanya “warga DKI dadakan” demi mendapatkan program,” tulis Anies dalam penjelasan hunian rakyat yang dikutip Obsessionnews.com dari website tim sukses Anies-Sandi, Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Selain itu, warga kelas menengah ke bawah dengan penghasilan total rumah tangga sampai sekitar Rp7 juta/bulan, dan belum memiliki properti sendiri. Juga termasuk para pekerja informal yang selama ini kesulitan untuk mendapatkan fasilitas kredit, karena tipe penghasilan yang tidak tetap seperti pekerja formal.

Program ini tak akan berlaku bagi warga yang sudah memiliki rumah. Selain itu, program ini menyasar para pasangan muda yang baru menikah dan memiliki anak. Anies juga mengingatkan bahwa program DP 0 rupiah bukan untuk membangun rumah, tapi masyarakat hanya bisa mengajukan kredit. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.