Sabtu, 1 Oktober 22

Sutradara: Peringatan Hari Lahir Pancasila Momen Sangat Tepat

Jakarta, Obsessionnews.com – Secara kenegaraan sepertinya baru pertama kali Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh tiap tanggal 1 Juni. Padahal, Pancasila merupakan pijakan bagi bangsa dan negara untuk menentukan arah masa depan Indonesia.

Langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila banyak diapresiasi oleh banyak kalangan.

Keppres tersebut menerangkan setiap tanggal 1 Juni merupakan hari libur nasional. Namun pemerintah bersama dengan masyarakat akan memperingati hari lahir Pancasila.
Dengan gagahnya Jokowi menjadi inspektur upacara Hari Lahirnya Pancasila yang ke-72 di gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2016).

Jokowi menjadi inspektur upacara Hari Lahirnya Pancasila yang ke-72 di gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2016).

Terlihat dalam upacara itu Wakil Presiden Jusuf Kalla, jajaran Menteri diantaranya Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly  dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Tak lupa Jokowi turut mengundang keluarga seperti dari Soekarno, Mohammad Hatta, Mohammad Yamin.

“Momentnya sangat tepat,” ujar Sutradara multitalenta Damien Dematra saat dihubungi Obsessionnews.com.

Ia menilai bangsa Indonesia akhir-akhir ini mengalami banyak ujian dan cobaan. Peringatan Hari Lahir Pancasila ini menjadi sangat relevan.

“Pada dasarnya bangsa ini belum melupakan Pancasila tapi riuh rendahnya berbagai isu terkait intoleransi mengakibatkan kita semua jadi kehilangan fokus,” ungkap Produser yang terkenal juga seorang novelis ini.

Perayaan ini menjadi pengingat bahwa solusi atas berbagai masalah intoleransi itu dapat diselesaikan jika kembali pada pancasila sebagai dasar negara.

“Istilah kerennya back to basic,” pungkasnya. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.