Selasa, 21 September 21

Sutiyoso Bakal Lolos di DPR Jadi Kepala BIN

Sutiyoso Bakal Lolos di DPR Jadi Kepala BIN

Jakarta, Obsessionnews – ‎Anggota Komisi I DPR RI Tubagus Hasanuddin sudah bisa memprediksi mantan Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Sutiyoso bakal lolos menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) mengikuti uji kepatutan dan kelayakan yang akan dilaksanakan Selasa (30/6/2015).

Menurut TB sapaan akrab Tubagus, hal itu didasari pada pengalaman sebelumnya, dimana calon kepala BIN yang pernah diajukan oleh presiden, tidak ada yang tidak lolos. Sebab, berdasarkan UU intelijen, DPR hanya diminta untuk memberikan pertimbangan, bukan menolak atau menerima.

‎”Jadi, semua welcome tidak ada masalah yang perlu dirisaukan. Selamat bertugas untuk Pak Sutiyoso,” ujar TB, di DPR, Senin (29/6/2015).

Dalam uji kepatutan nanti, sebut TB Komisi I hanya akan menanyakan visi misi Sutiyoso, dan mempertegas kembali apa peran dan fungsi kepala BIN. Dan TB, yakin sebagai mantan Kepala Pangdam Jaya, Sutiyoso sudah menguasai materi tentang persoalan BIN, dan berpengalam.

Adapun, terkait ‎dugaan dan laporan masyarakat yang menyebut Sutiyoso terlibat dalam kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia, dengan penyerangan Kantor DPP PDI-P tahun 1996. Menurut TB, hal itu bukan menjadi kewenangan DPR untuk melakukan pengusutan.

‎”Silahkan selesaikan secara hukum, kalau ranah politik seperti itu,” jelasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.