Senin, 6 Juli 20

Sutarto Hadi Blakblakan Beberkan Strategi Jitu Hadapi Masa Pandemi Covid-19

Sutarto Hadi Blakblakan Beberkan Strategi Jitu Hadapi Masa Pandemi Covid-19
* Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof. Dr. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc. (Foto: Sutanto/Men’s Obsession)

Sutarto memberikan keleluasaan kepada dosen untuk menggunakan beberapa mode pembelajaran, mulai dari melalui aplikasi Simari ULM, menggunakan aplikasi Google Meet, Zoom, e-mail, hingga Whatsapp.

“Alhamdulillah, pelaksanaan sistem daring ini berjalan lancar. Akses internet juga ternyata cukup bagus sampai ke desa-desa. Memang ada yang mengeluh soal kuota. Namun, Kemendikbud telah menyediakan akses gratis kuliah online. Kami juga memberikan subsidi kuota kepada mahasiswa, bekerja sama dengan beberapa operator,” terang Sutarto.

Dalam masa bekerja dan belajar dari rumah saat ini, sambungnya, civitas akademika diminta tetap memperhatikan ketentuan pada surat edaran rektor tanggal 1 April 2020 tentang langkah-langkah pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Sistem kuliah daring sejatinya sudah mengakomodasi kebijakan Rektor ULM yang mendorong perkuliahan sistem jarak jauh tersebut. Sekaligus menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0.

“Sebelum terjadi pandemi, ULM sudah mengembangkan blended learning, yakni mengombinasikan konvensional atau face to face dengan pembelajaran online,” jelasnya.

Dalam hal tersebut ULM telah bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi yang tergabung dalam The Support to the Development of Higher Education of Higher Education Project atau Proyek 7 in 1 yang didanai oleh Islamic Development Bank (IDB) dan Saudi Fund and Development (SFD), di antaranya Universitas Negeri Surabaya (UNS), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah).

“Mahasiswa bisa mengambil mata kuliah yang sesuai dengan program unggulan kami di bidang kajian lahan basah,” tambahnya.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.