Jumat, 30 September 22

Susi Gunakan Perangkat Canggih Menjaring Kapal Pencoleng

Susi Gunakan Perangkat Canggih Menjaring Kapal Pencoleng

Jakarta, Obsessionnews – Internet memang membuat semua pekerjaan jadi mudah. Begitu juga upaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam memberantas aksi pencurian ikan di perairan Indonesia.

Pada paparan kinerja setahun KKP yang dilaksanakan hari ini, Jumat (30/10), Menteri Susi bilang, bahwa pihaknya punya aplikasi baru bernama Global Fishing Watch yang berguna memantau pergerakan kapal-kapal penangkap ikan di seluruh wilayah perairan Indonesia.

Aplikasi tersebut, adalah hasil kerjasama KKP dengan SkyTruth, Ocenea, serta Google yang bisa memantau 24 juta data kapal.

Menurut Susi, kerjasama tersebut dijalin saat dirinya menggelar kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS) di akhir bulan Juli 2015 lalu. Dan, aplikasi Global Fishing Watch ini bakal secara resmi diluncurkan pada tahun 2016 mendatang.

Global Fishing Watch juga nantinya bisa diakses secara bebas oleh masyarakat luas. Tujuannya, agar seluruh individu bisa turut mengawasi kapal-kapal pencoleng ikan.

“Kita akan jadi negara pertama yang mau membuka data VMS,” kata Susi dalam pidatonya.

Data jaringan Automatic Identification System (AIS) juga mampu menyiarkan identitas kapal, lokasi, kecepatan, serta arah tujuan secara akurat. Informasi kegiatan penangkapan ikan juga bisa diunduh dari aplikasi tersebut.

“Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing adalah kejahatan global,” sambung Susi.

Selanjutnya, dia bilang untuk mengakhiri aktifitas pencurian ikan di perairan Indonesia, harus dengan menggunakan perangkat canggih guna memastikan pengawasan. Sekedar catatan, hingga hari ini jumlah kapal pencoleng ikan yang diledakkan KKP sudah mencapai 106 unit. Sabtu besok, bakal ditambah 6 unit lagi dari Batam.

Soal Global Fishing Watch, masyarakat bisa mengakses segala informasi di alamat www.globalfishingwatch.org. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.