Sabtu, 18 September 21

Survei PDB: Ahok Tokoh Paling Populer di Jakarta

Survei PDB: Ahok Tokoh Paling Populer di Jakarta
* Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.(Foto: Edwin/Obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews – Popularitas Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih populer dipanggil Ahok semakin melejit. Nama Gubernur DKI Jakarta ini dan 12 tokoh lainnya memiliki popularitas tinggi di Jakarta.

Ke-12 tokoh tokoh lainnya itu adalah Walikota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma, Walikota Bandung Ridwan Kamil, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Haji Lulung, presenter TV Najwa Shihab, anggota DPR Rieke Diah Pitaloka, anggota DPR Tantowi Yahya, mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo atau Foke, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Walikota Bogor Bima Aria, dan pengusaha Sandiaga Uno.

Lembaga survei Pusat Data Bersatu (PDB) menyebutkan, Ahok dan ke-12 tokoh tersebut berpotensi untuk mencalonkan diri menjadi gubernur DKI Jakarta dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2017.

“Tokoh paling populer saat ini adalah Ahok 99,3 persen, Foke 95 persen, dan Tantowi Yahya 91,5 persen. Namun, tidak semua tokoh populer disukai oleh publik DKI Jakarta,” kata Senior Researcher PDB, Agus Herta di Jakarta, Jumat (26/6/2015) petang.

Menurutnya, dari survei tersebut yang dilakukan PDB pada akhir Mei 2015, hanya ada tiga tokoh yang layak bertarung pada Pilgub DKI 2017. Sebab, tidak semua tokoh memiliki nilai elektabilitas yang potensial. Hanya ada tiga tokoh yang layak karena elektabilitasnya, yaitu Ahok dengan angka 35,8 persen, Risma dengan 18,5 persen, dan Ridwan Kamil dengan 11,1 persen.

Agus menjelaskan, survei PDB sendiri dilakukan secara telepolling menggunakan instrumen wawancara melalui telepon mulai tanggal 26 Mei hingga 1 Juni 2015. Dalam survei itu, responden dipilih secara acak dengan menggunakan sampel 422 orang yang mewakili masyarakat DKI Jakarta.

PDB memberikan sejumlah pertanyaan tertutup pada setiap responden untuk sejumlah topik, termasuk terkait kinerja pemerintahan Ahok, tokoh-tokoh populer untuk pilgub DKI, serta elektabilitas tokoh-tokoh tersebut. PDB mengklaim margin of error metode ini hanya sekitar 4,8 persen dengan tingkat ketepatan 95 persen.

Jalur Independen
Survei PDB tersebut setidaknya memberi semangat kepada Ahok yang memang berniat maju lagi dalam Pilgub 2017. Para pendukungnya yang tergabung dalam Teman Ahok dewasa ini aktif mengumpulkan KTP untuk mendukung Ahok dalam Pilkada tersebut. Hal ini dilakukan karena Ahok tak lagi berpartai setelah keluar dari Partai Gerindra, sehingga bila ia akan maju bertarung dalam Pilkada maka ia harus melalui jalur independen, yang dalam mekanisme pencalonannya membutuhkan dukungan warga melalui kartu tanda penduduk (KTP). Agar bisa maju lewat jalur independen Ahok harus mendapat dukungan sejuta KTP.

Posko Teman Ahok untuk mengumpulkan KTP
Posko Teman Ahok untuk mengumpulkan KTP

Teman Ahok tak hanya bergerilya mengumpulkan KTP, namun juga mendirikan posko-posko dukungan di beberapa wilayah Jakarta. Hal ini seperti ditemukan dalam laman temanahok.com pada kanal ‘Posko’.

Penggalangan KTP sebelumnya dilakukan melalui laman temanahok.com. Namun kemudian Teman Ahok membuat posko-posko yang difungsikan sebagai tempat menerima fotokopi e-KTP warga.

Posko-posko Teman Ahok tersebut antara lain Posko Menteng Dalam, Jl. Kelingkit No. 93 RT 006 RW 001, Kelurahan Menteng Dalam, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan; Posko Grogol Selatan, Jl. Limo No.35 RT 001 RW 010, Kelurahan Grogol Selatan, Kec.Kebayoran Lama, Jakarta Selatan; Posko Kalideres, Jl . Peta Selatan No.17 RT.007 RW 001, Kelurahan Kalideres, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat: Posko Jatipulo, Jl. Tomang Pulo 3 No. 22 RT 016 RW 001, Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat; dan Posko Cipinang Melayu, Jl. Inspeksi Saluran RT 002 RW 003 No.B29, Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

Video Ajak Dukung Ahok

Tak hanya itu, Teman Ahok juga kreatif membuat video ajakan untuk menggalang dukungan bagi Ahok. Video yang berdurasi kurang lebih dua menit ini diunggah pada laman situs berbagi video Youtube dengan judul ‘KTP Untuk Ahok’ dan menggunakan nama pendaftar ‘Teman Ahok’.

Video ini menampilkan lima orang pemuda-pemudi yang mengajak para penontonnya untuk mendukung Ahok maju sebagai kandidat independen pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Menurut video ini, Ahok didukung untuk maju secara independen agar ia terbebas dari kepentingan partai politik. Agar Ahok bisa maju secara independen, para pemuda dalam video ini mengajak masyarakat Jakarta untuk menjadi bagian dari sejuta dukungan untuk Ahok dengan memberikan KTP-nya.

Video ajakan mendukung Ahok.
Video ajakan mendukung Ahok.

Berikut isi ajakan pada video tersebut:

Teman Ahok adalah sebuah gerakan masyarakat untuk mendukung Ahok memperjuangkan hak dan harapan masyarakat Jakarta. Untuk mendukung Ahok meneruskan perjuangannya tanpa harus kompromi dengan kepentingan-kepentingan partai politik.

Jakarta sudah menuju ke arah perubahan yang lebih baik. Tidak hanya perubahan fisik. Kita tidak hanya membicarakan masalah kemacetan, banjir, kemiskinan, dan sebagainya. Tapi kita juga membicarakan kepentingan-kepentingan yang selama ini menggerogoti Jakarta. Komitmen untuk melawan kelompok yang selama ini menghambat kemajuan kita. Komitmen untuk meneruskan pelayanan kepada warganya, dan kami merasa ini semua harus dilanjutkan.

Di sini kita ingin membantu Ahok sebagai teman, agar Ahok terbebas dari kepentingan-kepentingan partai politik. Hanya dengan jalur independen kita bisa membantu Ahok untuk melanjutkan perjuangannya. Dengan kesadaran bersama kita bergerak dan bersatu menggalang dukungan.

Hari ini kita masih punya harapan. Kita punya teman yang bekerja untuk kita. Teman yang bersih dan tak kenal kompromi dengan korupsi. Teman yang punya nyali membenahi Jakarta tanpa peduli pada hujatan. Teman yang berani memperjuangkan kepentingan kita.

Saat ini, Ahok butuh 1 juta dukungan untuk menuju Pilkada DKI Jakarta
2017. Mari kita bersatu, bergerak dan berjuang bersama untuk mendukung Ahok untuk melanjutkan perjuangannya. Kami tahu kamu peduli. Mari menjadi bagian dari 1 juta dukungan untuk Ahok. Gue temen Ahok. KTP gue buat Ahok. (ARH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.