Rabu, 11 Desember 19

Survei Buktikan Jokowi-Ma’ruf Lebih Mewakili Umat Islam

Survei Buktikan Jokowi-Ma’ruf Lebih Mewakili Umat Islam
* Pasangan capres nomor urut 01, Jokowi-KH Ma’ruf Amin. (Foto: Merahputih.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Indo Barometer merilis hasil survei terbaru tentang Pemilihan Presiden 2019. Hasilnya menunjukkan bahwa pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dianggap lebih mewakili aspirasi umat Islam dibandingkan dengan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Peneliti Indo Barometer Hadi Suprapto Rusli memaparkan, total pemilih Islam sebesar 87,9 persen pada survei Maret 2019 itu. Dari total tersebut, mayoritas responden Islam sebesar 47,1 persen menyebut pasangan capres-cawapres paling mewakili aspirasi umat Islam adalah Jokowi-Ma’ruf Amin.

“28,2 persen mengaku menjawab Prabowo-Sandi mewakili aspirasi umat Islam. Sedangkan 24,7 persen tidak memberikan jawaban atau tidak tahu,” ujar Hadi di lokasi pemaparan hasil survei, Hotel Century, Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Bila dibedah ke masing-masing personal, dari total pemilih muslim, sebanyak 45,5 persen umat Islam menyatakan Jokowi mewakili aspirasi umat Islam. Sedangkan 30 persen menyatakan Prabowo mewakili aspirasi umat Islam. Sementara itu 24,5 persen tak menjawab.

Kemudian, jika kedua cawapres dihadap-hadapkan, dari total pemilih muslim, 55,4 persen menyatakan Ma’ruf mewakili aspirasi umat Islam. Sedangkan 24,8 persen menyatakan Sandiaga mewakili aspirasi umat Islam. Sementara itu 28,5 persen tidak menjawab.

Sementara itu yang tidak tahu atau tidak jawab sebesar 19,8 persen. Sekadar diketahui, jumlah sampel pada survei sebanyak 1.200 responden, dengan margin of error sebesar ±2,83%, pada tingkat kepercayaan 95%. 

Selain didukung oleh hadirnya Ma’ruf Amin, Hadi menyebut faktor lainnya yakni basis partai pendukung Jokowi. Dua dari tiga partai Islam terbesar merupakan pendukung Jokowi-Ma’ruf yakni PKB dan PPP.

“Tiga partai teratas yang dianggap mewakili umat Islam, yaitu PKB (24,6 persen), PKS (18,1 persen), dan PPP (17,3 persen) dalam hal mewakili aspirasi umat Islam,” lanjut Hadi.

Survei ini dilakukan Indo Barometer pada 15-21 Maret di 34 provinsi. Jumlah respondennya mencapai 1.200 orang yang telah memiliki hak pilih dengan margin of error 2,83 persen dan tingkat kepercayaannya 95 persen.

Metode yang digunakan dalam survei ini ialah multistage random sampling. Saat ditanyai sumber dana, Hadi menegaskan survei dilakukan secara independen oleh Indo Barometer. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.