Senin, 8 Agustus 22

Surat Terbuka untuk Ganjar Pranowo

Surat Terbuka untuk Ganjar Pranowo
* Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: FB Ganjar Pranowo)

Assalamu ‘alaikum. Merdeka!

Mas Ganjar yang baik, saya senang mendengar nama sampean disebut-sebut sebagai bakal Capres di Rakernas Nasdem. Jika semua berjalan lancar dan dengan takdir Allah sampeyan terpilih menjadi Presiden RI. Besar harapan saya, sebagai kader GMNI sejati sampeyan dapat mewujudkan cita-cita utama Bung Karno mengenai persatuan nasional.

Selama 10 tahun terakhir ini, kita sudah lelah menghadapi pembelahan bangsa yang nyaris memporakporandakan persatuan dan kesatuan bangsa, di zaman apa yang disebut demokrasi liberal pun, pembelahan bangsa setajam sekarang tidak terjadi padahal persaingan ideologi saat itu sangat keras.

Menjelang Pemilu 1955, Presiden Soekarno berpidato di depan Gerakan Pendukung Pancasila:”Jangan ada sesuatu partai yang mengaku-ngaku berazas Pancasila, PNI tetaplah dengan azas Marhaenisme. Dengan azas marhaenisme kami mendukung tetap tegaknya pancasila sebagai dasar negara.”

Sikap lapang dada Bung Karno in menginspirasi seluruh anak bangsa untuk juga bersikap legowo terhadap berbagai perbedaan pendapat. Setajam apa pun perbedaan pendapat tidak pernah terucap kata-kata kasar yang menyakitkan.

Mendiang Sabam Sirait bersaksi d itengah pertentangan ideologi yang sangat tajam. Di gedung parlemen kita dapat menyaksikan M. Natsir dan DN Aidit minum kopi bersama. Padahal perbedaan ideologi di antara mereka bagai bumi dan langit. Besar keyakinan saya sampeyan bisa mewujudkan kembali hal itu. Kita boleh berbeda tapi tidak boleh pecah. Selamat berjuang.

Wassalam
Merdeka!
Sukabumi, 24 Juni 2022
Dari konco lawas
Lukman Hakiem

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.