Jumat, 17 September 21

Surat Suara Belum Ada, Tuna Netra Kesulitan

Surat Suara Belum Ada, Tuna Netra Kesulitan
* Tuna netra.

Semarang, Obsessionnews – Tidak adanya alat bantu berupa surat suara braille bagi penyandang tuna netra dalam pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang menuai reaksi dari sejumlah kaum difabel di kota Semarang. KPU Jateng hanya memberi alat bantu berupa template surat suara.

Ketua Dewan Persatuan Daerah (DPD), Persatuan Tunanetra (Pertuni) Jateng, Edi Satyo Juwono mengaku sampai sekarang belum ada sosialisasi dari KPU terkait tata cara pemilihan. Pihaknya merasa malu karena beberapa anggota belum mengetahui penggunaan alat tersebut.

“Kendala pertama ketika surat suara itu terbalik ketika tidak ada yang mendampingi. Jadi, bisa saja nomer 1 jadi nomer 3,” kata Edi, Kamis (3/12/2015).

Menurutnya, alat bantu template sudah ada sejak Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2014 lalu. Surat suara nantinya dimasukan ke dalam alat bantu template dan ketika dimasukkan, terdapat lubang gambar untuk tiap pasangan calon.

“Template itu kan memang sudah dibuat khusus, memang sudah langsungg pas dengan paslon yang akan kita coblos baik nomer 1, 2 atau 3. Tinggal meraba-raba dan dicoblos,” jelasnya.

Sementara bagi pemilih pemula tuna netra seperti Rena Trisetyo Maryana, mengaku sangat bingung dengan alat bantu template. Pasalnya, dia baru pertama kali ini mengikuti pesta demokrasi tersebut.

“Masih bingung karena belum tahu seperti apa bentuknya. Namun, akan saya coba jika ada sosialisasi dari KPU,” jelasnya.

Dirinya berharap saat 9 Desember, pihak pengawas mau mendampingi baik ketika masuk ke bilik suara maupun sesudah. Sebab, Rena merasa kesulitan ketika harus melipat surat suara dan memasukkan ke kotak suara.

“Harapan saya karena masih pemula, sikap pengawas ke kami jangan dipandang sebelah mata. Bagaimanapun juga kami tetap membutuhkan pendamping untuk menyukseskan Pilkada ini,” pintanya. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.