Sabtu, 20 April 24

Sumbar Targetkan Raih 16 Medali Emas pada PON XIX

Sumbar Targetkan Raih 16 Medali Emas pada PON XIX
* Kontingen PON Sumatera Barat.

Padang, Obsessionnews.com – Kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan 16 emas pada PON XIX di Bandung, Jawa Barat (Jabar). Sumbar juga harus masuk dalam 10 besar.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat melepas kontingen PON Sumbar di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Jum’at (9/9) pagi meminta kepada kepada kontingen untuk menjaga nama baik daerah selama mengikuti pertandingan.

“Selama bertanding, jaga nama daerah. Berkelakuan baik dan mengikuti intruksi pelatih serta bermain sebaik mungkin,” ujarnya.

kontingen-pon-sumbar2

Lebih lanjut Irwan Prayitno mengatakan, untuk memenuhi target dimaksud, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar menyiapkan bonus sebesar Rp3,5 miliar untuk atlet yang mampu mengharumkan nama daerah. Bonus yang disiapkan untuk atlet akan dimasukkan dalam APBD Perubahan 2016.

Bonus yang disediakan bagi atlet yang berlaga pada PON ke XIX pada 17-29 September 2016 berdasarkan hitungan peraih medali sesuai target yang ditetapkan.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar memberikan bonus bagi atlet yang meraih emas sebesar Rp200 juta, peraih perak Rp50 juta dan perunggu Rp25 juta.

Dalam kesempatan yang sama Ketua KONI Sumbar, Syaiful dalam laporannya menyampaikan, jumlah kontingen Sumbar yang mengikuti PON 2016 berjumlah 303 atlet ditambah 80 official.

kontingen-pon-sumbar3

Atlet tersebut akan mengikuti 43 cabang olahraga masing-masing 37 olahraga dipertandingkan dan enam cabang eksibisi. Cabang yang dipertandingkan yaitu, taekwondo, judo, atletik, panahan, futsal, bliard, panjat tebing, angkat berat binaraga, gantole, layar, gulat, pencak silat, senam, sepak takraw, karate, renang, kempo, wushu, tarung drajat, boling, bridge, tinju, anggar, tenis meja, menembak, sepatu roda, golf, motor, polo air, cricket, balap sepeda, catur, ski air, voli pantai, bulu tangkis, dayung dan berkuda.

Sementara, cabang olahraga eksibisi masing-masing muaythai, barongsai, soft tenis, basket three on three, gateball dan yongmoodo.

Syaiful mengatakan, bonus yang disediakan bagi atlet yang berlaga pada PON 2016 berbeda dari pelaksanaan PON ke XIII di Pekanbaru, Riau.

“Bonus yang diberikan bagi atlet pada PON di Riau, masing-masing untuk peraih medali emas Rp150 juta, perak Rp75 juta dan perunggu Rp50 juta,” katanya. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.