Senin, 23 Mei 22

Sumbar Kembangkan Pulau Jadi Objek Wisata

Sumbar Kembangkan Pulau Jadi Objek Wisata
* Ilustrasi objek wisata.

Padang, Obsessionnews.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggarap pulau-pulau kecil dijadikan objek wisata, pasca Sumbar ditetapkan sebagai destinasi wisata halal.

Kepala Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sumbar Didit mengatakan, dari 185 pulau kecil di wilayah pesisir Sumbar, baru tiga pulau yang layah dikembangkan. Tiga pulau yang sudah digarap dan menjadi salah satu tujuan wisatawan, yaitu pulau Cingkuak, Marak dan pulau Cubadak.

Namun yang menjadi kendala untuk mengembangkan menjadi objek wisata akses yang kurang memadai. Akses jalan menuju pulau maupun transportasi laut masih minim.

Menurutnya, banyak pulau yang layak dikembangkan jadi objek wisata, seperti yang terdapat di sekitar Mandeh.

“Kawasan Wisata Bahari Mandeh di Pesisir Selatan banyak pulau di sekitarnya. Akses menuju pulau adalah salah satu kendala untuk pengembangan menjadi objek wisata,” katanya saat dihubungi Selasa (25/10/2016) siang.

Ia meminta kepada kabupaten/kota gencar melakukan promosi dan Pemerintah Provinsi (Pempov) mendorong percepatan pengembangan pulau.

Didit mengatakan, agar pemanfaatan pulau dapat dilakukan, Pemprov Sumbar akan membuat regulasi yang akan mengatur zonasi, seperti zonasi wisata, wilayah perikanan dan alur transportasi laut serta konservasi dimana. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.