Minggu, 19 September 21

Sumbar Bangun Stadion Olahraga untuk PON 2024

Sumbar Bangun Stadion Olahraga untuk PON 2024

Padang, Obsessionnews – Stadion olahraga di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) dalam waktu dekat akan dilaksanakan groundberaking setelah pembebasan lahan seluas 38,5 hektar selesai dirampungkan.

Kepala Dinas Prasarana Jalan dan Tata Ruang Pemukiman Provinsi Sumbar, Suprapto mengatakan, rencana peletakan batu pertama dilaksanakan tanggal 4 Juli 2015 mendatang.

“Kita sedang mengagendakan jadwal ground breaking dilaksanakan,” kata Suprapto saat dihubungi obsessionnews.com Sabtu (27/6).

Stadion olahraga berkapasitas 40 ribu penonton di Nagari Sikabu, Kecamatan Batang Anai sem­pat mengalami gagal tender di awal tahun karena perbaikan desain. Semula desain tribun dibuat secara terbuka, kemudian dirubah menjadi separoh tertutup.

Penyesuian desain stadion yang dirancang sebagai lokasi utama pelak­sanaan Pekan Olahraga Na­sional (PON) 2024 di Sumbar itu dilakukan untuk menyesuaikan dengan kondisi wilayah Pa­dang Pariaman yang rawan gempa.

“Setelah sebelumnya, tribunnnya didesain terbuka, kemudian diubah menjadi separuh tertutup,” ujar Suprapto.

stadion utama sumbar

Suprapto mengatakan, stadion itu adalahh salah satu proyek pembangunan prio­ritas untuk dikerjakan di tahun ini, meskipun programnya jangka panjang. Pembangunan stadion dila­kukan dalam jangka panjang, karena anggarannya terbatas.

“Sebelum pelaksaan PON 2024 dilaksanakan, pekerjaan sudah selesai. Paling tidak, pekerjaannya antara 7 sampai 8 tahun,” sebut Suprapto.

Target penyelesaian pembangunan yang memakan waktu delapan tahun itu, maka pada pelaksanaan PON 2024, sudah bisa difungsikan, seiring de­ngan pelaksanaan PON XXI di Sumbar.

Main Stadium dibangun diareal seluas 38,5 hektare di Nagari Sikabu Kabupaten Padang Pariaman. Sarana yang tersedia dilengkapi dengan 4 gedung olah­raga, danau buatan untuk olahraga air, serta satu bukit untuk olahraga sepeda gunung. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.