Minggu, 5 Februari 23

Sumbangan Besar Antoine-Henri Jomini dalam Ilmu Perang

Sumbangan Besar Antoine-Henri Jomini dalam Ilmu Perang
* Antoine-Henri Jomini. (Foto: fribourgregion.ch)

Oleh: Hendrajit, Pengkaji Geopolitik, dan Direktur Eksekutif Global Future

 

SUMBANGAN besar Antoine-Henri Jomini dalam ilmu perang adalah penguasaan wilayah jauh lebih penting daripada menghancurkan musuh.

Dengan demikian, menurut Jomini yang sangat dikagumi Napoleon, masalah inti dalam peperangan adalah kecerdasan dan kelihaian seorang jenderal dalam memilih lini operasinya secara tepat.

Dalam perhitungan Jomini, memilih lokasi operasi secara tepat, membuat musuh dihadapkan dua pilihan yang tidak menguntungkan. Pertama, musuh terpaksa bertempur dalam keadaan yang tidak menguntungkan. Kedua, musuh mundur dari daerah operasi.

Sumbangan Jomini yang paling utama adalah, bahwa ada pikiran dan perencanaan strategis di balik sebuah peperangan. Bahwa dalam perang ada gagasan rasional, dan mengabaikan factor-faktor irasional dalam peperangan yang di luar perhitungan.

Hebatnya lagi, Jomini yang lahir pada 1779 dan wafat pada 1869, sama sekali bukan tentara, melainkan mulai merintis kariernya di sektor perdagangan, sampai kemudian dirinya direkrut Napoleon sebagai salah satu penasihat militernya.

Meski Jomini aktif di sektor perdagangan dan perbankan, passion atau hasrat sejatinya adalah dalam bidang militer. Selalu berpikir mengenai tata cara perang.

Yangt bikin kagum Napoleon pada Jomini adalah kemampuannya secara intuitif membaca manuver militer Napoleon yang seakan-akan tanpa pola dan serabutan itu, sebenanrya sangat terencana.

Suatu ketika, tatkala perang Jena sedang seru-serunya berkecamuk di benak pikiran Napoleon, Jomini sontak bertanya,”Izin, Jenderal, apakah saya boleh bergabung empat hari kemudian di Bamberg?”

“Siapa yang berkata kepadamu bahwa aku akan pergi ke Bamberg?” tanya Napoleon, karena dia menganggap tempat tujuannya masih dirahasiakan.

“Peta Jerman, Jenderal. Dan pertempuran Tuanku di Marengo dan Um.”

Tak ayal Napoleon mengangkat Jomini sesebagai kolonel dalam ketentaraan Prancis.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.