Sabtu, 21 Mei 22

Sulap Bekas Tambang Jadi Taman Agro Wisata

Sulap Bekas Tambang Jadi Taman Agro Wisata

Singkawang, Obsessionnews –Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup mendukung program reklamasi bekas tambang menjadi taman agro wisata. Rencana tersebut didukung dengan matang pemerintah pusat yang akan mengelontorkan dana 100 persen untuk program reklamasi tambang tersebut.

Hal ini disampaikan Sekretaris Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Singkawang, Karyadi. Menurutnya, rencana reklamasi tersebut melibatkan peneliti dari tim Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta dan Universitas Panca Bakti (UPB) Pontianak.

“Kota Singkawang di tunjuk adalah sebagai salah satu Kota pariwisata dan destinasi wisata nasional dengan pembuatan Taman Agro Wisata, dengan memakai lahan bekas pertambangan,” paparnya, Selasa (15/12/2015).

Ia menjelaskan, tim peneliti dari UGM Jogjakarta dan UPB Pontianak diharapkan bisa membuat desain yang memiliki kreasi dan tingkat edukatif yang tinggi.

Taman agro wisata bukan tersebut akan menjadi tempat wisata yang edukatif karena didesain sebagai tempat belajar dan disiapkan tempat pustaka.
“Taman agro wisata rencana akan diperuntukkan bagi tempat belajar sekaligus rekreasi wisata yang menyenangkan bagi masyarakat dan kaum terpelajar,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, taman agro wisata akan dilengkapi dengan tanaman-tanaman kesehatan dan nuansa hijau serta buah-buah langka akan ditemui nantinya.

“Rencana reklamasi seluas 4,9 hektare bekas lahan penambangan emas tanpa izin (PETI) tersebut selain sebagai Taman Agro Wisata juga akan dibangun tempat pertemuan dan penginapan,” pungkasnya. (Saufie)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.