Rabu, 18 September 19

Sukuk Tabungan Seri ST-003 Dijamin Aman

Sukuk Tabungan Seri ST-003 Dijamin Aman
* Ilustrasi Sukuk. (foto: bisnis.com)

Jakarta, Obsessionnews.comSukuk merupakan instrumen investasi berbasis hutang (obligasi) Syariah yang dimanfaatkan pemerintah untuk membiayai proyek-proyek penting dan strategis. Belum lama ini pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah resmi meluncurkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Sukuk Tabungan Seri ST-003.

Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman menegaskan, instrumen Sukuk Tabungan seri ST-003 yang resmi diluncurkan pemerintah ini akan dijamin dengan standar keamanan sama sebagaimana instrumen lainnya di pasar modal.

Selain itu, ST-003 ini juga dilengkapi dengan layanan kemudahan bagi investor, di mana pembelian bisa dilakukan dari mana saja melalui platform online, sehingga para investor tidak harus datang ke bank atau mitra distribusi lainnya.

“Kita tawarkan 1-20 Februari. Jadi, kalau dari kamar mau beli (ST-003), langsung saja pakai hp (handphone). Dengan m-banking sangat mudah,” ujarnya di Jakarta, Jumat (1/2/2019).

Selain itu, fitur menguntungkan lain dari ST-003 ini adalah imbal hasil yang menarik hingga 8,15 persen, serta floating with floor dengan referensi dari BI rate enam persen dan 215 basis poin. Sukuk Tabungan seri ST-003 yang diluncurkan ini dapat dimiliki dengan nominal mulai satu juta rupiah.

Dilansir dari web Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada Senin (4/2) Anggota DSN MUI Gunawan Yasni menegaskan Sukuk ini terjamin keamanannya. Menurut dia, sukuk mengharuskan adanya jaminan berbentuk aset fisik.

“Aset yang menjadi jaminan Sukuk harus sudah ada, tidak boleh dalam bentuk proyek yang belum jadi, juga tidak boleh menjadi underlying untuk beberapa Sukuk bersamaan,” ungkap Gunawan di Jakarta.

Nilai jaminan Sukuk harus lebih besar dari Sukuknya, sehingga keamanan investasi Sukuk  dapat terjamin. “Nilai Sukuk yang dikeluarkan juga tidak boleh lebih dari nilai underlying asset-nya,” katanya.

Pemerintah sudah menyiapkan jaminan yang nilainya jauh lebih besar dari target pencapaian Sukuk. Hal ini otomatis membuat risiko default atau gagal bayar Sukuk hampir tidak ada. “Dengan underlying yang jelas maka skema Syariah untuk surat utang menjadi lebih aman,” paparnya.

Ia menambahkan, dengan skema Syariah, penggunaan dana yang terkumpul dari Sukuk digunakan untuk pembiayaan-pembiayaan yang jelas. Adanya keuntungan terjaminnya Sukuk membuat sasaran Sukuk tidak tertutup pada kalangan muslim, namun semua kalangan masyarakat.

Sukuk juga menjadi pilihan bagi masyarakat yang selama ini terus menerus anti terhadap utang luar negeri. Masyarakat yang membeli sukuk berkontribusi membantu keuangan negara sekaligus mendapatkan imbal hasil yang tidak sedikit. (poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.