Jumat, 9 Desember 22

Sukseskan Vaksinasi, Ribuan Nakes dan Vaksinator Dipersiapkan

Sukseskan Vaksinasi, Ribuan Nakes dan Vaksinator Dipersiapkan
* Team kesehatan sedang menyusuri jalan setapak di pemukiman warga padat penduduk (foto : Galeri Obsession)

Jakarta, Obsessionnews.com – Jelang program vaksinasi dimulai, pemerintah terus mempersiapkan segala hal baik dari sisi perencanaan ataupun teknisnya. Dari sisi SDM sebanyak 440.000 tenaga kesehatan dan 23.000 vaksinator terus mempersiapkan diri untuk pelaksanaan vaksinasi yang saat ini tinggal menunggu izin dari BPOM dan MUI.

Oscar Primadi MPH, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, menyampaikan sampai dengan 5 Desember lalu sudah dilakukan pelatihan sebanyak 12.408 orang untuk 21 provinsi. Sementara workshop penyiapan bagi tenaga vaksinator ini telah dilangsungkan untuk 29.635 orang dari 34 provinsi.

“Artinya, semuanya berjalan sesuai dengan rencana kita dan Insya Allah kesiapan-kesiapan itu kita jaga dari sisi jumlah, proporsional dari semua provinsi akan tercakup” ujarnya di Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Selain proses pemberian vaksinasi, upaya mengedukasi masyarakat sebelum program vaksinasi berjalan juga tidak kalah penting. Upaya edukasi ini harus sampai dengan merata ke daerah. Dengan edukasi yang intensif diharapkan masyarakat paham tentang pentingnya vaksinasi ini. Pemahaman kita tentang kehalalan juga sudah kita upayakan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Hal yang ketiga adalah, efektivitas vaksin tersebut juga harus dikomunikasikan dengan benar. Namun, yang tidak boleh ditinggalkan adalah mengkomunikasikan kepada masyarakat agar mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Adapun upaya melakukan vaksinasi secara bertahap, bukan tanpa tantangan.

“Indonesia ini besar sekali, dari sisi keterjangkauan kita masih menemukan kendala geografis sebagai persoalan, sehingga tenaga kesehatan dan vaksinator kita kadang-kadang mempunyai sebuah usaha yang luar biasa untuk menjangkau daerah ini,” kata Oscar Primadi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.