Jumat, 19 April 24

Sukses Jinakkan Vietnam, Garuda Siap Jajal Myanmar

Sukses Jinakkan Vietnam, Garuda Siap Jajal Myanmar

Yogyakarta, Obsessionnews.com-Setelah sukses menjinakkan Vietnam, meski dengan skor imbang 2-2, timnas Garuda siap menumbangkan Myanmar. Semua dalam rangka pemanasan mengikuti AFF Suzuki Cup, 19 November sampai 17 Desember di Filipina.

Skuat Garuda berada di Grup A bersama tuan rumah Filipina, lalu Thailand dan Singapura. Penyisihan Grup A dilakukan di kota Manila sedangkan babak semifinal-final menggunakan format kandang tandang.

Selanjutnya Timnas akan dikumpulkan lagi dalam TC di Yogyakarta tanggal 5-10 Oktober mendatang.

Kepala Pelatih Timnas Alfred Riedl mengaku belum puas dengan penampilan anak asuhnya. Dia berharap agar seluruh tim siap bertarung di turnamen akbar negara-negara Asia Tenggara itu.

“Saya kira ini langkah yang baik, diharapkan anak-anak semakin main cantik dan kompak,” ujar Riedl, seperti dilansir laman PSSI.or.id, Senin (10/10/2016).

Perjalan pertandingan persahatan yang dilakukan pasukan Garuda, relatif menjanjikan. Setelah sukses membungkam Malaysia dengan skor telak 3-0, Timnas Indonesia kembali melakukan uji coba dengan timnas lain.

Vietnam adalah lawannya kali ini. Kalau sebelumnya Stadion Manahan Solo menjadi saksi ketajaman Boaz Solossa, dkk. Minggu, (9/10) giliran penonton di Stadion Maguwoharjo, Sleman yang mendapat kesempatan melihat aksi para penggawa Timnas berlaga.

Indonesia dan seisi stadion harus terhenyak kaget lebih awal saat ketika Le Van Thang menciptakan gol cepat di menit ke 4 setelah yang bersangkutan melesakkan bola hasil sepakannya jauh dari luar kotak penalti yang tidak mampu dihalau oleh Andritany Ardhiyasa, 1-0 untuk Vietnam.

Skuad Garuda mencoba merespon gol tersebut dengan aksi-aksi dari para pemain seperti Andik Vermansyah, Boaz Solossa dan Zulham Zamrun. Terhitung beberapa kali percobaan, belum berhasil menjebol gawang yang dijaga oleh kiper Vietnam, Tran Nguyen Manh.

Lini belakang yang digalang oleh Yanto Basna dan rekan-rekannya kali ini benar-benar mendapatkan perlawanan yang tangguh dari para pemain Vietnam. Terbukti, rapuhnya penjagaan mereka dimanfaatkan kembali oleh Vu Minh Tuan di menit ke 12 setelah dia berhasil menyambar bola hasil umpan rekan setimnya Nguyen Trong Hoang ke tiang jauh.

Tertinggal dua gol bukan akhir dari segalanya bagi pasukan Alfred Riedl ini, semangat pantang menyerah betul-betul diperlihatkan oleh mereka. Beberapa peluang diciptakan Irfan Bachdim hingga Andik. Irfan pun tiap kali terlihat berteriak untuk memompa semangat kawan-kawannya agar terus berjuang.

Hingga pada akhirnya, seluruh penonton di Maguwoharjo kembali bersorak ketika tendangan bebas Zulham dari jarak jauh begitu keras menuju gawang Vietnam sehingga tak bisa ditahan Tran Manh. 2-1 untuk Indonesia.

Skema cantik Indonesia mampu membuat laga kembali sama kuat. Berawal dari determinasi Andik yang memberikan umpan tarik kepada Zulham. Bola tersebut kemudian dikirimkan Zulham ke arah gawang dan Irfan pun datang menyambar bola tersebut dan menaklukkan kiper Vietnam. Skor 2-2 pada menit 27 membuat Indonesia menyamakan kedudukan.

Serangan bertubi-tubi terus dibangun oleh Indonesia, bahkan nyaris saja berbuah gol pada menit ke-38, kalau saja umpan lambung ke kotak penalti yang disambar Boaz dengan sundulan setelah unggul kecepatan dari dua bek Vietnam tidak melenceng dari gawang Vietnam.

Skor 2-2 ini bertahan terus sampai wasit membunyikan pluit tanda berakhirnya pertandingan uji coba tersebut. Dalam pertandingan ini pula Alfred Riedl berkesempatan mencoba kemampuan dari pemain seperti Bayu Pradana, Abduh Lestaluhu, Ferdinand Sinaga, Rizky Pora, Lerby Eliandri, Septian David Maulana yang turut diturunkan di babak kedua. Namun dari pemain-pemain itu belum dapat mempersembahkan gol tambahan bagi timnas.

Rencananya, setelah ini timnas akan bertandang ke Vietnam lalu lanjut menjajal Myanmar sebelum persiapan mengikuti AFF Suzuki Cup yang dimulai tanggal 19 November hingga 17 Desember mendatang. Skuat Garuda berada di Grup A bersama tuan rumah Filipina, lalu Thailand dan Singapura. Penyisihan Grup A dilakukan di kota Manila sedangkan babak semifinal-final menggunakan format kandang tandang.

baca juga:

Riedl Sebut Timnas Indonesia Telat Panas

Timnas Senior Tahan Imbang Vietnam

Timnas Lawan Vietnam di Maguwoharjo

Timnas U 19 Perlu Diasah Lagi

Selanjutnya Timnas akan dikumpulkan lagi dalam TC di Yogyakarta tanggal 5-10 Oktober mendatang.

Susunan Pemain

Indonesia : Andritany Ardhiyasa; Benny Wahyudi, Fachruddin Wahyudi, Yanto Basna, Abdul Rachman (46′ Abduh Lestaluhu); Andik Vermansah (84′ Septian David Maulana), Evan Dimas, Dedi Kusnandar (46′ Bayu Pradana), Zulham Zamrun (65′ Rizky Pora); Boaz Solossa (75′ Lerby Eliandry), Irfan Bachdim (75′ Ferdinand Sinaga).

Vietnam : Tran Nguyen Manh (46′ Hyunh Tuan Linh); Au Van Hoan, Dinh Tien Thanh, Sam Ngoc Duc, Troung Dinh Luat; Vu Minh Tuan (53′ Nguyen Van Toan), Nguyen Trong Hoang, Pham Than Luong (60′ Dinh Thanh Rung); Ngo Hoang Thinh (87′ Vo Huy Toan), Nguyen Van Quyet (71′ Hoang Dinh Tung), Le Van Thang (53′ Le Cong Vinh). @reza_indrayana

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.