Senin, 19 April 21

Suguhan Kuliner Jamu Gendong Meriahkan Festival Jateng di Smesco Indonesia

Suguhan Kuliner Jamu Gendong Meriahkan Festival Jateng di Smesco Indonesia
* Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga didampingi Dirut LLP-KUKM Emilia Suhaimi mengunjungi stand-stand pameran peserta Festival Jawa Tengah di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta.

Jakarta, Obsessionnews.com – Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) atau Smesco Indonesia sukses menyelenggarakan Festival Jawa Tengah 2018. Festival Jateng diadakan setelah Smesco Indonesia sukses menjadi tuan rumah dari dua event yang serupa,  Festival Minang dan Festival Betawi 2018.

Pada event kali ini menghadirkan 35 UKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Pemprov Jateng, yang masing-masing menjual produknya berupa alas kaki (sepatu dan sandal), produk fashion (pakaian dan kain), produk kulit, produk rumah tangga, furniture dan kopi. 

Festival ini dimeriahkan dengan suguhan kuliner terbaru yang lagi ngetrend di Jateng. Yaitu jamu gendong, dan jamu instan untuk encok dan pegel linu, serta serta kopi kenthir. Kuliner lain khas Jateng seperti mie kopyok, pecel ndeso, nasi penggel, nasi liwet, selat solo, wedang ronde, dan dawet juga dijajakan di sana.

Festival Jateng juga diramaikan dengan pameran, peragaan busana batik Eka, Kesenian Calung, talkshow tentang Fashion dengan pembicara desainer kondang Samuel Wattimena, sukses story dan demo keramik oleh Roy Wibisono, serta lukis kain oleh Yani Nasrafa, salah satu produsen produk produk ikon UKM Asian Games 2018.

“Saya bersyukur banyak dihadiri oleh para undangan dari pelaku UKM, dinas koperasi, pejabat pemerintah daerah, dekranasda, maupun stakeholders lainnya. Mungkin karena daya tarik kulinernya ini membuat mereka antusias,” tutur Direktur Utama LLP-KUKM, Emilia Suhaimi melalui siaran pers, Minggu (5/8/2018).

Dengan mengusung tema Sejuta Pesona Jawa Tengah, Festival ini digelar di gedung Smesco Indonesia. Festival ini dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sujadmoko, dengan dihadiri di antaranya Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, Dirut LLP-KUKM Emilia Suhaimi, dan Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Bintang Puspayoga.

Kegiatan ini diselenggarakan Pemprov Jateng bekerja sama dengan Smesco Indonesia, Bank Jateng dan Dekranasda Jateng, dalam rangka akselerasi promosi produk unggulan yang dimiliki Pemprov Jateng yang terdisplay di lantai 2 Gedung Smesco Indonesia, memperkenalkan seni-budaya asal Jateng, produk kerajinan, serta peran UKM dalam menunjang pariwisata Jateng. 

Usai seremonial pembukaan, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga didampingi Wagub Jateng Heru Sujadmoko, Dirut LLP-KUKM Emilia Suhaimi, dan Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Bintang Puspayoga mengunjungi stand-stand pameran, yang diakhiri dengan makan siang bersama sajian kuliner khas UKM Jateng. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.