Kamis, 16 September 21

Sudirman Akui Minta Dirut Freeport Lapor Ketemu Novanto

Sudirman Akui Minta Dirut Freeport Lapor Ketemu Novanto

Jakarta, Obsessionnews – Menteri ESDM Sudirman Said mengakui dirinya meminta kepada Dirut PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsuddin untuk melaporkan setiap kegiatan yang menyangkut perpanjangan kontrak karya Freeport, termasuk pertemuannya dengan pejabat negara dan politisi.

Hal tersebut disampaikan oleh Sudirman saat memberikan keterangan sebagai saksi dalam kasus dugaan pelanggaran kode etik Ketua DPR RI Setya Novanto ‎di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Awalnya, Anggota MKD Akbar Faisal menanyakan kepada Sudirman siapa pihak yang meminta rekaman Maroef, Setya Novanto dan pengusaha minyak Riza Chalid

“Saya yang minta agar setiap pertemuan dengan pejabat negara dilaporkan kepada saya dan Pak Maroef melakukannya,” ungkap Sudirman Said dalam sidang MKD, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/12/2015).

Lalu Akbar Faisal yang berasal dari Fraksi Partai Nasdem itu bertanya lagi, siapa yang menyerahkan bukti rekaman tersebut? “Siapa yang menyerahkan rekaman itu?” tanya Akbar.

“Pak Maroef menyerahkannya ke kantor saya langsung,” jawab Menteri Sudirman Said.

Sudirman juga menuturkan, pihaknya sengaja melaporkan Setya ke MKD, karena ia menilai tindakan Setya Novanto tidak mencerminkan selayaknya anggota dewan. Berdasarkan hasil rekaman pembicaraan yang ia terima. Setya disebut bisa menjanjikan perpanjangan kontrak karya Freeport dengan imbalan saham.

Hingga berita ini ditulis, sidang MKD kasus dugaan pelanggaran kode etik Ketua DPR masih berlangsung. Sudirman Said juga masih terus memberikan keterangannya terkait laporan dirinya Senin 16 November 2015 lalu. (Albar).

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.