Minggu, 24 Oktober 21

Sudah Saatnya Pondok Pesantren Punya Website

Sudah Saatnya Pondok Pesantren Punya Website
* Pesantren Darunajah

Jakarta, Obsessionnews – Pondok Pesantren Darunnajah telah sukses mengadakan pelatihan “Optimalisasi Website dan Media Sosial Untuk Forum Pesantren Alumni Gontor dan Darunnajah” di Ponpes Darunnajah, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta pada 21-24 Februari 2016, acara ini baru saja resmi ditutup.

Dalam kesempatan tersebut, KH. Sofwan Manaf, pimpinan Darunnajah mengatakan, sudah saatnya pesanteran membangun ‎pendidikanya dengan mengunakan teknologi internat melalui pembuatan website, sehingga memudahkan para santri untuk mengatahui segala informasi tentang pesantren.

“Internet menembus batas dan waktu, pesantren harus punya posisi kuat di internet, perlu tim untuk mewujudkan ini, kita harus berlari sekarang, santri punya modal kuat karena mengusai bahasa asing,” Ujar Sofwan Manaf dalam sambutanya dalam pelatihan tersebut.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, antara lain; Mustafa Zahir (webmaster), Deni Rusman (praktisi internet marketing), Wildan (fotografi), Hariqo Wibawa (Direktur Eksekutif Komunikont en), Didi Suhaedi (film maker).

Tidak hanya website dan media sosial, peserta juga diajarkan bagaimana membuat konten, bahkan juga ada praktek menggunakan Drone (pesawat tanpa awak) dan Aero Photography yang diberikan oleh Ust Didi dan Ust Asrul. “saya belajar otodidak di Pesantren,” ungkap Ust Didi Suhaedi

Sementara itu, Hariqo Wibawa Satria dalam materinya menekankan, hal pokok yang sangat diperlukan terkait optimalisasi website dan medsos adalah komitmen dari para Pimpinan/Kyai di Pesantren. Sebab, dari sekian ribu pesanteran yang ada di Indonesia, masih banyak yang belum memiliki website.

“kesadaran soal ini penting sudah sangat merata, tinggal komitmen untuk aksi nyata saja, komitmen ini turunannya nanti adalah pembentukan tim media pesantren, yang mengelola website dan media sosial, pelatihan pembuatan konten, manajemen, dan lain-lain,” jelas Hariqo yang juga Alumnus Gontor ini.

Hariqo menjelaskan dirinya sangat bersyukur dari 45 pesantren yang hadir dalam pelatihan itu, hanya dua pesantren yang belum punya website, itupun mereka berjanji akan segera bikin dalam minggu ini.

“Pesantren itu luar biasa, mereka tidak menunggu diberdayakan, mereka memberdayakan dirinya sendiri, kecintaan Pesantren pada NKRI ini sungguh besar, mereka tidak ingin memberatkan Pemerintah”, ungkap Hariqo.

Pesantren Darunnajah Jakarta merupakan salah satu pesantren yang sudah mengoptimalkan website (darunnajah.com) dan media sosial sebagai sarana berbagi informasi dan komunikasi. Sebagai Pondok Pesantren yang juga didirikan oleh Alumni Gontor, Darunnajah ingin agar semangat ini juga menyebar di kalangan Pondok-Pondok Pesantren lainnya.‎ (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.