Selasa, 4 Oktober 22

Sudah Berjanji, SBY Jangan Maju Lagi Jadi Ketum

Sudah Berjanji, SBY Jangan Maju Lagi Jadi Ketum

Jakarta – Wakil Ketua DPP Partai Demokrat Max Sopacoa berharap kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk tidak maju lagi menjadi ketua umum Partai Demokrat dalam kongres tahun ini. Max secara pribadi menginginkan agar SBY menepati janjinya untuk tidak maju lagi menjadi ketua umum.

Menurut Max, janji itu sesuai dengan apa yang pernah diucapkan SBY pada saat Demokrat mengadakan Kongres Luar Biasa di Bali, usai menggulingkan Anas Urbaningrum dari jabatan ketua umum. Saat itu, SBY berjanji tidak mau dicalonkan atau maju lagi menjadi ketua umum Demokrat.

“Saya setuju memantapkan komitmenya untuk tidak maju,” tegas Max Sopacua di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Senin (12/1/2015).

Namun, Max rupanya masih agak cangung untuk menjawab pertanyaan wartawan mengenai kelayakan SBY untuk maju lagi menjadi Ketum Demokrat. Di usianya yang sudah cukup tua SBY memang dianggap tidak layak untuk dicalonkan lagi menjadi Ketum. “Kalau itu tergantung wartawannya lah,” kilah Max diplomatis.

Max mengaku, dirinya tidak punya kapasitas untuk menjawab mengenai persoalan tersebut. Sebab kata dia, dinamika di Demokrat sekarang berubah, banyak kader yang justru meminta agar SBY maju lagi menjadi Ketum Demokrat, lantaran SBY dianggap satu-satunya figur pemersatu‎ yang bisa mendamaikan konflik di internal Demokrat.

Dalam politik bisa saja isu dukungan terhadap SBY sengaja dibuat untuk bisa mencabut kembali janji SBY yang tidak mau lagi menjadi Ketum. ‎Max mengatakan, memang ada capaian yang lebih besar sehingga isu itu dibuat. Karena menurutnya, dimanapun partai dibentuk itu mempunyai orientasi kekuasaan.

“Saya kira dibalik pencalonan SBY ada orientasi yang lebih besar dari partai politik untuk bisa kembali merebut kekuasaan. Jadi ini berpikirnya lima tahun kedepan,” terangnya.

‎Selain SBY, sebenarnya masih ada kader Demokrat yang menyatakan siap untuk maju menjadi ketua umum, seperti Gede Pasek Suardika, dan bekas Ketua MPR Marzuki Alie. Max mengaku selalu konsisten untuk mendukung calon ketua umum. Saat ditanya apakah masih setia mendukung Marzuki Alie ia menjawab “Insya Allah”. (Abn)

Related posts