Senin, 4 Juli 22

Sudah 720 Pengacara Bela Rizal Ramli

Sudah 720 Pengacara Bela Rizal Ramli

Jakarta, Obsessionnews.com – Hingga hari ini, Senin (17/9/2018), sudah ada 720 pengacara dari Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) yang siap membela ekonom senior Dr Rizal Ramli yang disomasi dan dilaporkan Partai NasDem ke Polda Metro Jaya atas dugaan penghinaan, pencemaran nama baik dan fitnah sebagaimana dimaksud Pasal 310 ayat 1, dan 311 ayat 1 KUHP.

“Waktu kita share kasus ini langsung ada 720 dalam waktu tujuh hari yang bersedia, dan ini gratis tidak dibayar,” ungkap Ketua Dewan Pembina Dewan Pimpinan Nasional Peradi Otto Hasibuan dalam konferensi pers ratusan pengacara bersama Rizal Ramli, di Jakarta, Senin (17/9).

Pentolan PERADI ini menegaskanb, dukungan kepada Rizal Ramli murni karena ingin membantu dan memperjuangkan nasib petani garam, beras, bawang dan tebu. “Maksud kita melindungi petani. Kita merasa bahwa kita saatnya tampil karena kepentingan petani. Kita ingin membela petani melalui pembelaan Rizal Ramli,” tandasnya.

Menurut Otto, banyak pengacara yang datang dari luar daerah untuk bergabung membela Rizal Ramli tersebut. Ia pun sudah sempat berusaha untuk menyatukan kembali antara Surya Paloh dan Rizal Ramli melalui pengacara NasDem, Taslim.
Namun, hal itu buntu. Padahal di dalam pertemuan tersebut, Otto ingin mengonfirmasi terkait pencemaran nama baik tersebut. Sebab, menurutnya, somasi yang dilayangkan ke Rizal Ramli adalah salah alamat.

“Pada prinsipnya surat itu dibalas dan diminta buat minta maaf dulu lah baru ada komunikasi. Saya sampaikan kayaknya komunikasinya tertutup. Terpaksa saya memberikan pendampingan hukum,” tegas Otto.

“Di kata-kata yang disampaikan Rizal Ramli tidak satupun dinyatakan tentang NasDem. Nama disebut adalah Bapak Surya Paloh dan Enggartiasto (Menteri Perdagangan). Tetapi tidak ada kata-kata NasDem atau ketua umum NasDem,” tambahnya.

Otto menyatakan, banyaknya pengacara yang bersedia bergabung menunjukkan keseriusan membela Rizal Ramli juga sekaligus membela petani yang dirugikan oleh kebijakan impor. Sebab, apa yang dikritik oleh Rizal Ramli dalam acara Indonesia Business Forum yang ditayangkan stasiun TVswasta itu terkait kebijakan impor oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita adalah benar. “Kami berpendapat apa yang disampailan oleh rizal ramli adalah tepat,” tegas Otto.

Dalam acara itu, Rizal Ramli mengungkapkan fakta-fakta impor yang berlebihan. Namun, menurutnya, Presiden Joko Widodo tidak berani menegur Menteri Enggar karena takut kepada Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, meskipun impor yang dilakukannya sudah merugikan petani dan menggerogoti elektabilitas Jokowi di kalangan petani dan petambak garam. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.