Minggu, 28 November 21

Subang Kembangkan Pertanian Buah Melon

Subang Kembangkan Pertanian Buah Melon
* Tatang Gustian, Kasie Hortikultura Pelatihan Petani Melon

Subang, Obsessionnews – Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Jawa Barat, mencanangkan menanam buah melon di luas lahan 4 hektar yang ada di Kecamatan Pagaden dan Pagaden Barat.

Menurut Kepala Seksi Bidang Hortikultural Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Tatang Gustian, berdasrakan kajian yang dilakukan tim dari Kementarian Pertanian dan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Subang cocok untuk pengembangan buah melon.

Selain itu, pasar lokal buah-buahan khususnya melon, cukup tinggi. Pencanangan dilakukan pada bulan Juni 2015 atau musim panen ketiga atas kerjasama Dinas Pertanian dengan para petani di Kecamatan Pagaden dan Kecamatan Pagaden Barat mencoba memulai menanam melon.

”Luas lahan yang akan dipergunakan sekitar 4 hektar,” ujar Tatang seusai pelatihan penanam melon di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Kamis (23/4/2015).

Untuk mendukung pengembangan penanam melon tersebut tutur Tatang, Kementrian Pertanian memberikan bantuan anggaran senila 200 juta rupiah. “Bantuan itu untuk pupuk dan benih melon,” jelasnya.

Secara rasional, lanjut Tatang, anggaran tersebut terhitung kecil, apabila secara perkiraan kasar untuk menanam melon dengan luas 1 hektar membutuhkan dana 150 juta rupiah. “Kami bersyukur atas bantuan yang diberikan selebihnya petani untuk swadaya,” tambahnya.

Untuk menjamin pemasaran, kata Tatang, pihaknya telah menyediakan pasar untuk menerima buah melon yang di hasilkan para petani. “Pasar telah kami siapkan tinggal petaninya benar-benar mengarapanya,” paparnya.

Salah seorang petani yang ikut pelatihan, Edi mengapresiasi langkah Dinas Pertanian, sebab selain petani dibantu pendanaan pihak dinas juga menyedikan pasarnya. “Mudahan ini awal baik bagi kami, sebab kalau hanya mengandalkan tanam padi nasib petani akan seperti ini,” paparnya. (Teddy Widara)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.