Selasa, 23 April 24

Suami-suami Sayang Keluarga (1)

Suami-suami Sayang Keluarga (1)
* Walikota Bandung Ridwan Kamil dan keluarga.

Jakarta, Obsessionnews – Pejabat publik seperti walikota, bupati, dan gubernur, memiliki jam kerja yang tinggi. Mereka mempunyai banyak kegiatan yang menyita waktu dan energi.

Kemudian muncul pertanyaan bagaimana pejabat publik itu membagi waktu untuk keluarganya? Banyak pejabat publik ternyata diketahui masih meluangkan waktu untuk bercengkerama dengan keluarga, dan bahkan mereka adalah keluarga harmonis. Mereka antara lain Walikota Bandung Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, dan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno.

Ridwan Kamil
Ridwan Kamil, yang akrab dipanggil Kang Emil, dilantik menjadi Walikota Bandung pada tahun 2013. Belum lama menjadi walikota, namanya cepat populer dan meraih banyak penghargaan. Bahkan, sebuah lembaga survei baru-baru ini menyebut Kang Emil berpotensi menjadi presiden pada tahun 2019. (Baca: Walikota Ridwan Kamil Berpotensi Jadi Presiden)

Di mata sang isteri, Atalia Praratya, Kang Emil adalah suami yang baik dan sayang pada keluarga. Meskipun sibuk membangun Bandung, Kang Emil meluangkan waktu untuk bercengkrama dengan isterinya dan dua anaknya, Camillia Laetitia Azzahra dan Emmiril Khan Mumtadz. Khususnya di pagi hari, ternyata Kang Emil menyempatkan diri melakukan ritual wajib terhadap istri dan anaknya. Ritual tersebut tak lain adalah kegiatan memeluk istri dan anaknya selama minimal 20 detik dalam sehari. Hal itu merupakan cara kecil yang dilakukan Kang Emil untuk tetap menjaga komunikasi yang baik antar anggota keluarga mereka. emil-dan-atalya-tips-sayang

emil-14-oktober-DOK-ATALIA_reference

Kang Emil meyakini energi ada dari keluarga. Karenanya, dengan memeluk keluarga, segala beban akan sirna. Dengan melakukan ritual tersebut, biasanya semangat Kang Emil akan tumbuh kembali.

Selain itu Kang Emil berusaha menyempatkan diri sarapan bersama keluarga. Menu sarapannya biasanya nasi goreng atau bubur. Yang penting ada telurnya untuk menjaga stamina.

Jika tak ada kegiatan yang sangat penting, Kang Emil memilih berada di rumah untuk berkumpul dengan keluarga. Ia menetapkan Minggu sore sampai malam sebagai jam keluarga. Ia dan keluarganya biasanya berenang, nonton di bioskop, atau makan bersama. Mereka pun mengusahakan bisa sholat subuh dan maghrib berjamaah.

Ganjar Pranowo
Nama Ganjar Pranowo mencuat ketika terpilih menjadi Gubernur Jateng tahun 2013. Sebelumnya politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini adalah anggota DPR. Setelah dilantik menjadi Gubernur Jateng, Ganjar langsung bekerja keras. Ia aktif turun ke lapangan untuk mengecek langsung sejauh mana implementasi program-program pemerintah. Ia dijuluki sang reformator karena gencar melakukan reformasi birokrasi. (Baca: Ganjar Pranowo Sang Reformator)

Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo

Sebagai orang nomor satu di Jateng, tentu saja kegiatannya sangat padat. Namun demikian, ia selalu menyisihkan waktu untuk keluarga. Karena baginya keluarga itu sangat penting. Dia mengakui kariernya bisa melejit seperti sekarang ini berkat dukungan dari keluarga.

Ganjar Pranowo menyuapi isterinya.
Ganjar Pranowo menyuapi isterinya.

Ganjar menikah dengan Siti Atikoh Supriyanti. Dari pernikahan itu mereka dikaruniai seorang anak, Zinadin Alam Ganjar, yang kini berusia 13 tahun. Jika tak ada kegiatan ke luar kota, Ganjar menyempatkan waktu sarapan bersama keluarganya. Yang menarik dalam acara sarapan itu adalah Ganjar memberikan suapan kepada isterinya. Kemudian menyuapi anaknya. Kebiasaan itu sudah lama dilakukan Ganjar sebagai salah satu bentuk ungkapan kasih sayang kepada keluarganya.

Irwan Prayitno
Sejak memimpin Sumbar tahun 2010, Irwan Prayitno banyak membawa kemajuan bagi provinsi ini. Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan mantan anggota DPR ini dikenal sebagai pekerja keras untuk menyejahterahkan rakyat. (Baca: Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Wakafkan Dirinya Untuk Rakyat)

Irwan Prayitno
Irwan Prayitno

Kesuksesan Irwan di pentas politik tak lepas dari dukungan keluarganya. Ia mempunyai seorang isteri, Neni, dan sepuluh anak. Di tengah kesibukannya selaku gubernur, pria yang ramah ini menyisihkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga. Dalam mendidik anak-anaknya, Irwan memprioritaskan pendidikan dan agama.

Irwan Prayitno menyanyi bersama keluarga.
Irwan Prayitno menyanyi bersama keluarga.

Irwan hobi menyanyi dan menciptakan lagu. Irwan dan keluarganya sering menyanyi di rumah. Selain itu kasih sayangnya terhadap isteri dan anak-anaknya antara lain diungkapkannya lewat lagu-lagu gubahannya, seperti Cinta Sejati, Kau Isteriku, Satu Rindu, dan Anakku Penyejuk Hatiku. (Arif RH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.