Kamis, 30 Juni 22

Strategi Komunikasi yang Efektif, Kunci Kementerian ATR/BPN Hadapi Keterbukaan Informasi

Strategi Komunikasi yang Efektif, Kunci Kementerian ATR/BPN Hadapi Keterbukaan Informasi
* Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati. (Foto: Humas Kemen ATR/BPN)

Jakarta, Obsessionnews.com – Memasuki era industri 4.0, peran hubungan masyarakat (Humas) begitu dinamis dan krusial. Sebab di era digital ini, keterbukaan informasi publik menjadi suatu keniscayaan. Dengan adanya internet, tidak ada lagi alasan bagi instansi pemerintah termasuk Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk tidak menyampaikan informasi kepada masyarakat. Dalam menyampaikan informasi, Kementerian ATR/BPN melalui Biro Humas menerapkan strategi komunikasi untuk mendukung pelaksanaan program strategis dan kegiatan Kementerian ATR/BPN.

Hal tersebut di sampaikan oleh Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan I yang dilaksanakan secara daring, Jumat (18/02/2022).

Dalam paparannya, Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN mengatakan ada beberapa hal yang dijalankan dalam strategi komunikasi publik Kementerian ATR/BPN di era digital dan era industri 4.0. Di antaranya mengaktifkan situs web, pembinaan dan kerja sama dengan media massa, pemantauan media mengenai berita pertanahan dan tata ruang, pengelolaan media sosial, peliputan, pameran, dan penerbitan brosur.

“Di era industri 4.0 masyarakat hampir 80 persen menggunakan media sosial, maka dari itu kita harus mengelola media sosial dengan baik, serta ikut di dalamnya untuk dapat menggelorakan kinerja-kinerja kita sebagai suatu informasi, edukasi terkait program yang ada di kita sehingga tidak ada bias di masyarakat,” ujar Yulia Jaya Nirmawati dikutip Obsessionnews.com Senin (21/2).

Lebih lanjut ia menyampaikan, pada era digital seperti ini tidak dapat dipungkiri bahwa informasi semakin berlimpah, rawan bias, dan sulit dikendalikan. Maka dari itu, dengan strategi komunikasi yang dijalankan dapat membangun sebuah opini publik dan juga dukungan satuan kerja di daerah-daerah untuk aktif dalam menyebarluaskan suatu informasi. “Akurasi dan ketepatan waktu dalam merespons informasi kunci utama kinerja fungsi kehumasan,” imbuh Yulia Jaya Nirmawati.

Peranan media sosial sekarang ini sangat berpengaruh, untuk itu Kementerian ATR/BPN terus memaksimalkan platform media sosial yang Kementerian ATR/BPN miliki dengan memperbanyak konten dan pemberitaan. “Biro Humas berupaya menciptakan informed citizen sebagai salah satu faktor penting untuk menciptakan citra positif terhadap lembaga,” kata Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN.

Kegiatan PKA dan PKP Angkatan I ini diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian ATR/BPN dengan diikuti 40 peserta yang tersebar di pusat dan daerah. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.