Sabtu, 25 September 21

Stop! Buang Air Besar Sembarangan di Kota Bandung

Stop! Buang Air Besar Sembarangan di Kota Bandung

Bandung, Obsessionnews – Walikota Bandung  Ridwan Kamil, aparat kewilayahan Kecamatan Gedebage Bandung serta sejumlah masyarakat mendeklarasikan   gerakan Stop Buang Air Besar sembarangan (SBS), Rabu (25/11).

Deklarasi digelar di Komplek Cempaka Arum Kelurahan Rancanumpang Kecamatan Gedebage Kota Bandung.

Kegiatan ini secara teknis dilakukan  Dinas Kesehatan Kota Bandung untuk mendidik masyarakat lebih memperdulikan kesehatan dan kebersihan lingkungan. ‪

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat/ STBM ini merupakan salah satu program Pemkot Bandung melalui Dinas Kesehatan Kota Bandung bertujuan merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

stop buang2

Sanitasi total yang baik adalah saat  masyarakat sadar untuk tidak membuang air besar disembarang tempat, mencuci tangan dengan sabun, mengelola air minum dan makanan yang aman, mengelola sampah dengan benar, mengelola air limbah rumah tangga dengan aman.

Kelurahan Rancanumpang dinobatkan  Walikota  sebagai Kelurahan dengan masyarakat yang sudah menjalankan Sanitasi yang baik dan benar.

Ridwan berharap dengan dipilihnya Kelurahan Rancanumpang sebagai kelurahan yang sadar akan sanitasi dapat menjadi contoh bagi kelurahan-kelurahan lainnya agar lebih peduli terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar.

“Dengan dinobatkannya Kelurahan Rancanumpang sebagai Kelurahan yang baik dalam menjalankankan program STBM, diharapkan semua Kelurahan di Kota Bandung dapat mencontohnya” ucap Emil sapaan akrabnya.

stop buang3

Sebelum Pelaksanaan deklarasi tersebut Walikota Bandung meninjau TK, SD, SMP, dan SMA Kelurahan yang ada di Kelurahan Rancanumpang, seperti SMA 27 dan SMP 54 .

Walikota Bandung juga mendeklarasikan Kawasan Pendidikan Kelurahan Rancanumpang menjadi Kawasan Pendidikan Insan Kamil dengan disaksikan langsung oleh para staff guru dan murid SMA 27.

Dengan deklarasi Kawasan Pendidikan Insan Kamil diharapkan seluruh sekolah-sekolah yang di Kelurahan Rancanumpang lebih giat dalam belajar dan menjadi murid-murid yang berguna bagi masyarakat lainnya. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.