Minggu, 22 Mei 22

Status Tersangka, Ruang Gerak Ahok Jadi Sempit

Status Tersangka, Ruang Gerak Ahok Jadi Sempit
* pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Ahmad Bakir Ihsan.

Jakarta, Obsessionnews.com – Respons optimis Ahok setelah menjadikan dirinya sebagai tersangka oleh  Bareskrim Polri, Rabu (16/11/2016).

Setelah Bareskrim mengabarkan penetapan Ahok sebagai tersangka atas penistaan agama terkait surat Al-Maidah ayat 51, Ahok tetap optimis ingin tetap merebut hati rakyat masyarakat DKI Jakarta.

“Sebenarnya indra keenam, feeling politik, pak Ahok bilang, ‘Bang saya mungkin jadi tersangka. Jadi tersangka atau tidak, saya siap dan ingin tetap merebut, memenangkan hati rakyat,” ujar Ruhut Sitompul, Juru Bicara Ahok-Djarot di Rumah Lembang, Jakarta, Rabu (16/11).

Sementara itu pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Ahmad Bakir Ihsan mengatakan, kepolisian telah mengubah pandangan masyarakat selama ini, yang beranggapan bahwa hukum dapat diintervensi.

“Kepolisian telah mengubah pandangan masyarakat bahwa proses hukum atas kasus penistaan agama oleh Ahok dilakukan tanpa intervensi,” katanya saat dihubungi oleh Obsessionnews.com, Rabu (16/11) siang.

Ia menuturkan, meskipun Ahok beroptimis untuk tetap memenangkan hati rakyat dalam Pilkada DKI pada 15 Februari 2017 mendatang, namun dengan ditetapkannya ia sebagai tersangka membuatnya ruang gerak Ahok terbatas dan sempit.

“Meskipun optimis ia menang dalam Pilkada DKI dan berharap menang dalam satu putaran, tetapi ruang geraknya sudah sempit dan terbatas khususnya Bareskrim telah memutuskan untuk dicekal keluar negeri,” katanya.

Selain itu, ditetapkannya Ahok sebagai tersangka ini juga menjadi peluang bagi dua pasangan kandidat Gubernur  Anis Baswedan dan Sandiaga Uno di nomor urut satu, serta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sylviana Murni di nomor urut tiga.

“Ini menjadi peluang bagi pesaing Ahok untuk maju dalam Pilkada DKI mendatang, sebaiknya para kandidat calon Gubernur DKI lainnya memaksimalkan masa kampanyenya,”tutur Bakir.

Ia berharap penetapan Ahok sebagai tersangka terus diproses secara profesional, tanpa adanya intervensi dari pihak lain. (Aprilia Rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.