Senin, 30 November 20

Sri Mulyani Sebut Jakob Oetama Miliki Perhatian Mengenai Kebijakan dan Isu Ekonomi

Sri Mulyani Sebut Jakob Oetama Miliki Perhatian Mengenai Kebijakan dan Isu Ekonomi
* Jakob Oetama. (Foto: Kompas)

Sebagai seorang yang bersahabat dekat dengan Prof Widjojonitisastro, Menteri Ekonomi dan teknokrat senior yang telah berhasil membangun ekonomi Indonesia di masa Orde Baru, tutur Sri, Jakob memiliki perhatian dan passion mengenai kebijakan dan isu ekonomi.

“Beliau sangat menghargai pentingnya konsistensi kebijakan teknokratik yang tidak selalu mudah dalam lingkungan politik yang selalu dinamis,” tutur Sri.

Ia menyebut tulisan editorial Kompas dari Jakob Oetama dulu selalu menjadi salah satu bacaan favorit yang menunjukkan pemihakan pada prinsip-prinsip kebijakan publik yang baik. Suara pemihakan tersebut  sangat penting pada saat era Orde Baru, di mana kepentingan kekuasaan begitu dominan, ketiadaan check and balance dan kebebasan berekspresi sering mengalami sensor.

“Perjuanganmu melahirkan ‘jurnalisme makna’ yang memiliki misi untuk mendidik dan mencerahkan. Karyamu menyadarkan hati nurani kita pada pentingnya menjaga etika dan moral demokrasi serta keadilan dalam kehidupan berbangsa. Selamat jalan pak Jakob Oetama, jasamu ikut membentuk dan membangun Indonesia akan selalu kami kenang,”  kata Sri. (arh)

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.