Kamis, 25 April 24

Sri Mulyani Menginspirasi Jutaan Orang di Dunia

Sri Mulyani Menginspirasi Jutaan Orang di Dunia
* Menteri Keuangan Sri Mulyani mendapat penghargaan dalam Asian Business Leadership Forum 2019.(Foto: FB Sri Mulyani)

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati banyak meraih penghargaan internasional. Yang terbaru Sri mendapat penghargaan dalam Asian Business Leadership Forum 2019.

Berikut penuturannya di akun Facebooknya, Jumat (8/11):

Pada tanggal 6 November 2019 saya bersama Menteri BUMN Erick Tohir melakukan kunjungan kerja ke Dubai dan Abu Dhabi. Dalam kunjungan tersebut kami bertemu State Minister of Finance H.E. Obaid bin Humaid Al Tayer dan Minister of Energy H.E. Suhail membahas pelaksanaan kerjasama Indonesia dan UAE terutama di bidang Investasi dan perdagangan.

Di antara yang dibahas adalah upaya membangun kerjasama antara dunia usaha serta BUMN dengan lembaga Invetasi di UAE di bidang infrastruktur, pembangunan kawasan, dan sektor lainnya.

Selain itu, juga dilakukan pertukaran pandangan mengenai situasi dan isu perekonomian global, seperti respons kebijakan terhadap pelemahan ekonomi global serta isu perpajakan internasional dan pajak digital.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut saya juga mendapat penghargaan dalam Asian Business Leadership Forum 2019. Penghargaan diberikan untuk kategori Stateperson Award. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Anggota Kabinet dan Menteri Toleransi UEA, Sheikh Nahayan Mabarak Al Nahayan.

Menurut ABLF, award ini diberikan karena prestasi yang luar biasa dalam bidang ekonomi dan menginspirasi jutaan orang di dunia. Sebagai Menteri Keuangan, berbagai instrumen kebijakan telah memperkuat perekonomian Indonesia serta mampu membawa Indonesia melewati krisis ekonomi global. Selain itu, selama menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia, saya dinilai telah memberikan kesempatan kerja yang adil dengan mengkampanyekan kesetaraan gender di tempat kerja.

Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Asian Business Leadership Forum yang telah memberikan penghargaan.

Dengan kerendahan hati, saya persembahkan dan dedikasikan penghargaan ini kepada Indonesia dan seluruh 82 ribu pegawai Kementerian Keuangan.

Penghargaan ini akan memacu kami semua untuk bekerja lebih keras dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Kyai Maruf untuk membangun Indonesia Maju dan berkeadilan.

Terimakasih atas dedikasi dan pengabdian yang tidak pernah berhenti dari semua jajaran Kemenkeu. Mari kita teruskan upaya bersama menuju dunia yang lebih adil dan lebih baik.

Asian Business Leadership Forum adalah rangkaian acara kepemimpinan bisnis yang sangat berpengaruh di Asia yang menyatukan para pemimpin global dalam diskusi dan kolaborasi. Adapun format pertemuan terbagi menjadi tiga yaitu, ABLF Talks, ABLF Awards, dan ABLF Publication.

Dipercaya Kembali Sebagai Menteri Keuangan

Joko Widodo (Jokowi) kembali terpilih menjadi Presiden RI untuk kedua kalinya pada Pilpres 2019. Jokowi yang berpasangan dengan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR/DPR, Minggu (20/10/2019). Di periode kedua kepemimpinannya ini Jokowi memberi nama kabinetnya adalah Kabinet Indonesia Maju. Jokowi mengumumkan Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).  Sedangkan sebelumnya di periode pertamanya saat  berduet dengan Jusuf Kalla kabinetnya bernama Kabinet Kerja.

Jokowi kembali memberi kepercayaan kepada Sri Mulyani Indrawati menduduki kursi Menteri Keuangan (Menkeu). Saat menjadi Menkeu di Kabinet Kerja Sri menorehkan berbagai prestasi cemerlang.  Berikut ini obsessionnews.com menyajikan beberapa fakta prestasinya:

Finance Minister of The Year 2019

Majalah keuangan internasional The Banker menobatkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebagai Finance Minister of The Year 2019 pada Rabu (2/1/2019). The Banker yang dimiliki Financial Times (The Nikkei) berbasis di London. Majalah ini juga merupakan sumber utama data dan analisis dalam industri keuangan dan perbankan.

Dikutip Obsessionnews.com dari situs resmi Kementerian Keuangan, Kamis (3/1/2019), beberapa hal yang menjadi pertimbangan The Banker yaitu pertama, perekonomian Indonesia masih terjaga ketahanannya di tengah berbagai bencana dan tragedi sepanjang tahun 2018. Defisit Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2018 diperkirakan sekitar 1,86 persen, lebih rendah dari yang diperkirakan dalam APBN 2018 sebesar 2,19 persen.

Kedua, strategi pembiayaan risiko dan penjaminan atau asuransi untuk mempercepat proses bantuan dan pemulihan pascabencana alam yang diusulkannya di bulan Oktober 2018 sebagai modernisasi respon negara terhadap bencana alam.

Ketiga, membuat serangkaian perubahan pada sistem perpajakan untuk meningkatkan pendapatan negara, seperti penyederhanaan proses pembayaran pajak dan penambahan lokasi tempat pembayaran pajak. Hal ini dilakukan mengingat Global Competitiveness Report 2017 menempatkan Indonesia pada peringkat ke-41 dari 138 negara, turun empat peringkat dari tahun sebelumnya.

Keempat, memotong tarif Pajak Penghasilan (PPh) untuk perusahaan kecil dan menengah sementara pajak e-commerce dikenakan pada perusahaan e-commerce yang beroperasi dari luar negeri.

Terakhir pengurangan pajak pada layanan ekspor milik Indonesia dengan menjadikan tarif Pajak Pertambahan Nilai sebesar (PPN) 0% (nol persen) untuk menstimulasi sektor tersebut.

Sebelumnya The Banker juga memberikan penghargaan yang sama kepada Menteri Keuangan India Arun Jaitley (2018) dan Menteri Keuangan Argentina Alfonso Prat-Gay (2017).

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.