Senin, 29 April 24

SPSL Terapkan Metode SROI untuk Evaluasi Program TJSL

SPSL Terapkan Metode SROI untuk Evaluasi Program TJSL
* Program TJSL Beasiswa Sang Juara. (Foto: SPSL)

Obsessionnews.com – PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) berkomitmen meningkatkan kualitas dan evaluasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan menerapkan metode Social Return on Investment (SROI). Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa program TJSL yang telah dilaksanakan dapat memberikan dampak yang positif dan tepat sasaran, baik bagi perusahaan maupun masyarakat.

Direktur Utama SPSL Joko Noerhudha menyatakan bahwa perhitungan SROI dilakukan sebagai upaya transparansi dan akuntabilitas kepada pemangku kepentingan. Hal ini juga sesuai dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang menekankan pentingnya transformasi dalam program TJSL dengan memastikan dampak yang dirasakan oleh masyarakat.

Baca juga: SPSL Terus Kuatkan Bisnis dengan Pemurnian dan Integrasi Anak Perusahaan

“Perhitungan SROI ini lakukan sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas kepada pemangku kepentingan untuk mengontrol penggunaan sumber daya agar lebih efektif, efisien, dan berkelanjutan,” tutur Joko dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/11/2023).

Dalam kerja sama dengan PT Dampak Sosial Indonesia atau Social Impact.id, SPSL melakukan perhitungan SROI pada program TJSL Beasiswa Sang Juara. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa rasio SROI untuk program tersebut pada tahun 2019-2022 adalah 1:3,95.

Direktur PT Dampak Sosial Indonesia Rio Zakarias W menjelaskan bahwa nilai SROI sebesar 3,95 berarti setiap 1 Rupiah yang diinvestasikan perusahaan memberikan nilai manfaat atau social value sebesar 3,95 Rupiah. Ini menunjukkan bahwa program TJSL Beasiswa Sang Juara memberikan nilai manfaat yang lebih tinggi daripada nilai investasi.

Baca juga: Kembangkan Fasilitas Penunjang Logistik di Indonesia, SPSL dan YCH Indonesia Lakukan MoU

Program TJSL Beasiswa Sang Juara, yang berfokus pada tujuan Pembangunan Keberlanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pada tujuan ke-4, yaitu Pendidikan Berkualitas. Program ini memberikan kesempatan belajar bagi masyarakat dengan kendala ekonomi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang berkualitas.

SPSL berkomitmen untuk terus menjalankan program TJSL dengan prinsip terintegrasi, terarah, terukur, dan akuntabilitas. Program ini akan difokuskan pada empat pilar, yaitu sosial, ekonomi, lingkungan, dan hukum serta tata kelola.

“SPSL sebagai bagian dari Pelindo Group, akan terus melakukan terobosan dengan tidak hanya fokus pada bidang pendidikan, namun juga program TJSL lain yang bersifat berkesinambungan,” tutup Joko. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.