Minggu, 4 Desember 22

Spanduk Fans Bayern Munich: “Lebih 100 Orang Dibunuh Polisi” dalamTragedi Kanjuruhan

Spanduk Fans Bayern Munich: “Lebih 100 Orang Dibunuh Polisi” dalamTragedi Kanjuruhan
* Bayern Munich saat berlaga melawan Viktoria Plzen dalam lanjutan Liga Champions. (Getty/Goal)

Fans klub raksasa Jerman Bayern Munich mengecam polisi yang menggunakan gas air mata sehingga menewaskan lebih 100 orang meninggal dunia termasuk belasan anak-anak dalam stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

“Lebih 100 Orang Dibunuh polisi” – demikian umpatan dalam spanduk kecaman fans Bayern Munich yang berduka atas korban tragedi Kanjuruhan

Tragedi Kanjuruhan menjadi insiden kelam kedua di dunia sepak bola setelah tragedi Peru.

Aksi solidaritas suporter untuk tragedi Kanjuruhan terus bermunculan. Terbaru fans Bayern Munich yang melakukannya saat menyaksikan laga Viktoria Plzen dalam lanjutan Liga Champions, di Allianz Arena, Rabu (5/10) dini hari WIB.

Fans Bayern Munich membentangkan spanduk besar. Isinya adalah menyalahkan tindakan polisi dalam tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu (1/10/2022) malam WIB.

Berawal dari suporter Arema FC, Aremania, yang menginvasi lapangan karena kecewa klub kesayangannya takluk 3-2 dari Persebaya Surabaya. Polisi menembakkan gas air mata buat memukul mundur para pendukung yang rusuh.

Sayang, tembakan gas air mata juga dilepaskan polisi ke arah tribune. Akibatnya, penonton panik sehingga berdesakan dan saling injak hingga kesulitan bernapas saat berusaha keluar dari pintu stadion.

131 orang dinyatakan meninggal dunia dalam tragedi Kanjuruhan. Ratusan lainnya kini sedang mendapat perawatan di sejumlah rumah sakit.

Tragedi Kanjuruhan menjadi insiden kelam kedua di dunia sepakbola setelah tragedi Peru. Sebanyak 328 orang meninggal dunia dalam kejadian nahas yang terjadi pada 1964.

“Lebih dari 100 orang dibunuh oleh polisi. Ingatlah para korban tewas di Kanjuruhan!” isi tulisan dalam spanduk yang dibentangkan suporter Bayern Munich.

Pertandingan Bayern Munich kontra Viktoria Plzen juga diawali dengan mengheningkan cipta. Para pemain kedua klub bersama wasit membentuk bundaran di tengah lapangan untuk mendoakan korban tragedi Kanjuruhan.

Dalam pertandingan tersebut Bayern Munich berhasil meraih kemenangan telak. Pasukan Julian Nagelsmann menghajar Viktoria Plzen lima gol tanpa balas. (Goal.com/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.