Senin, 17 Januari 22

Soundtrack Film ‘Siti Nurbaya’ Raih Penghargaan di AS

Soundtrack Film ‘Siti Nurbaya’ Raih Penghargaan di AS
* Natasha Dematra.

Jakarta, Obsessionnews.comInternational Independent Film Awards (IIFA) di California, Amerika Serikat (AS), memberikan penghargaan Medali Emas Soundtrack Terbaik kepada film Bumiku belum lama ini.

IIFA adalah festival film berskala internasional yang menganugerahi penghargaan kepada sineas-sineas dari seluruh dunia.

Film musik Bumiku merupakan lagu tentang lingkungan hidup, sebuah kampanye lingkungan hidup dalam bentuk kreatif yang digarap oleh sutradara muda Natasha Dematra. Sedangkan film dokumenter Bumiku disutradarai oleh Damien Dematra.

Bumiku memperkenalkan perjuangan sosok Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar yang tidak berambisi menjadi seorang menteri sampai menjadi sosok perubahan yang besar terhadap lingkungan hidup.

“Lagu lingkungan hidup ini awalnya dibuat untuk soundtrack buat film dokumenter tentang menteri LHK, tapi kemudiaan Natasha berinisiatif untuk mengembangkan lagu tersebut menjadi sebuah film musik yang berdiri sendiri,”  ucap Damien Dematra saat dihubungi Obsessionnews.com, Kamis (9/2/2017) malam.

Menurut Demien, Menteri LHK adalah seorang wanita luar biasa yang sangat peduli dengan lingkungan hidup. Di samping itu dia adalah sebuah contoh pejuang kesejahteraan gender yang berhasil membuktikan bahwa wanita pun dapat berada dalam posisi tinggi dan berprestasi.

Film musik Bumiku diproduksi oleh World Environment Movement. Lagunya diciptakan oleh Natasha bersama dengan pencipta lagu senior, Abah Ukam. Film ini membawa pesan kuat tentang bahaya pemanasan global dan kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh ulah manusia.

Sementara itu Natasha mengatakan, Bumiku yang pernah diputar dalam konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Marrakech, Maroko pada November 2016 ini akan menjadi ajang promosi tentang LHK.

“Kemenangan film musik Bumiku di Amerika ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi negara-negara lain untuk mempromosikan lingkungan hidup dan isu-isu lainnya lewat cara kreatif,” ujar Natasha, si peraih rekor sutradara perempuan termuda di dunia tersebut.

Penghargaan tersebut adalah penghargaan pertama yang diterima oleh sountrack film Bumiku. Diluncurkan pada September 2016 di kantor LHK, Manggala Wanabakti, Jakarta Selatan, bersama Menteri LHK, Menteri Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.