Jumat, 15 November 19

Sosok Hadi Tjahjanto Tak Asing di Mata Jokowi

Sosok Hadi Tjahjanto Tak Asing di Mata Jokowi
* Calon tunggal Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (poskotanews.com)

Jakarta,  Obsessionnews.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) telah menjatuhkan pilihan kepada Marsekal Hadi Tjahjanto Kepala Staf TNI Angkatan Udara itu diajukan menjadi calon tunggal Panglima TNI, menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang segera memasuki masa purnatugas pada Maret 2018.

Berita tentang Hadi Tjahjanto sebagai pengganti Panglima TNI ini menjadi trending topic di mesin pencari Google. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia pada Selasa (5/12/2017) pukul 11.06 WIB berita ini ditelusuri lebih dari 50.000 kali.

Marsekal Hadi Tjahjanto bukanlah sosok yang datang dari kalangan elite militer. Ayahnya seorang kopral, sementara sang ibu berjualan rujak cingur. Ia meniti karier di TNI dari bawah hingga menjadi pucuk pimpinan korps dirgantara.

Hadi Tjahjanto memang merupakan sosok yang tidak asing bagi Jokowi. Pada Juli 2015, Jokowi mengangkat Hadi Tjahjanto sebagai Sekretaris Militer Presiden. Pangkatnya juga naik menjadi Marsekal Muda.

Hadi Tjahjanto bertugas membantu kerja Presiden selama lebih dari satu tahun sebelum akhirnya dilantik menjadi Irjen Kementerian Pertahanan pada November 2016. Tiga bulan setelah menjabat Irjen Kemenhan, Jokowi melantik Hadi sebagai KSAU.

Satu tahun lebih bekerja bersama membuat Hadi Tjahjanto paham dengan gerak-gerik Jokowi. Hal ini terlihat pada saat Jokowi meresmikan pesawat N219 sebagai pesawat Nurtanio di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Jumat (10/11).

Dalam peresmian itu, Jokowi ditemani puluhan anak sekolah dasar. Mereka mengenakan baju seragam sekolah dan topi biru dengan tulisan N219. “Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan pesawat N219 sebagai pesawat Nurtanio,” kata Jokowi.

Namun, ada kejadian tak terduga. Setelah Jokowi mengucapkan kalimat peresmiannya, salah satu siswi yang berada di barisan paling depan muntah. Jokowi yang melihat peristiwa tersebut langsung menggerakkan tangannya menunjuk ke arah anak perempuan yang muntah itu.

Ia meminta ajudan membawa anak itu beristirahat. Namun, kode Jokowi itu tak langsung cepat ditangkap ajudannya. Justru KSAU Hadi Tjahjanto yang langsung menangkap kode dari gerak-gerik Jokowi itu. Dengan sigap, Hadi Tjahjanto langsung menggendong bocah SD tersebut untuk membawanya beristirahat di bagian belakang pesawat.

Setelah itu, acara kembali dilanjutkan. Jokowi yang juga sudah memegang pesawat dari kertas mengajak anak-anak yang hadir menerbangkannya bersama-sama. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.