Kamis, 6 Oktober 22

Sosok Ekonom Trisakti Sudah di Pelupuk Mata Jokowi

Sosok Ekonom Trisakti Sudah di Pelupuk Mata Jokowi

Jakarta – Apabila memang ingin membangun perekonomian bercirikan Trisakti (ajaran Bung Karno) yang mengedepankan kemandirian dan tidak mengabaikan peran penting Indonesia di forum internasional, Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus menempatkan orang yang memiliki karakter seperti itu. Bukan figur yang tidak pro-rakyat.

Apakah sulit menemukan ekonom yang memiliki komitmen kuat membangun perekonomian Trisakti, yang bisa menggerakkan sektor riel? “Tidak. Dia ada persis di pelupuk mata Jokowi-JK,” jawab Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie M Massardi melalui BBM-nya kepada Obsession News, Kamis (23/10/2014).

“Dia memang bukan orang asing bagi Jokowi, juga bagi JK. Dia adalah DR Rizal Ramli, yang punya hubungan baik dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan akar rumput partai itu,” tandas Mantan Jurubicara Presiden era Gus Dur itu.

Dalam pemerintahan Gus Dur, menurutnya, Rizal Ramli dipercaya sebagai Menko Perekonomian dan Menteri Keuangan. “Dia terbilang berhasil di posisi itu. Juga saat jadi Kepala Bulog sebelumnya,” jelas Adhie.

Sebelumnya, dukungan terhadap Rizal Ramli juga disampaikan oleh Aktivis PDIP dan Sekjen Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDem) Firman Tendry. Ia menegaskan, rekam jejak Rizal Ramli membuktikan bahwa mantan Menko Perekonomian dan Menteri Keuangan itu bukan ekonom di belakang meja yang hanya bisa membuat prediksi dan perkiraan-perkiraan.

“Dia (Rizal Ramli) mengambil banyak langkah terobosan saat menjabat kedua posisi penting bidang ekonomi itu. Keberpihakannya pada rakyat kecil dan kaum Marhaenis juga tidak perlu diragukan lagi,” tandasnya.

Tendry menyebut, tidak banyak ekonom senior yang memiliki pandangan kebangsaan dan kerakyatan serta keberanian mengambil solusi cerdas untuk menghadapi sejumlah kebuntuan di bidang ekonomi. Menurutnya, Rizal Ramli adalah yang paling bisa diandalkan Jokowi untuk membantunya di bidang ekonomi, terutama dalam menghadapi polemik harga BBM.

Pengamat politik dan Direktur Eksekutif IndoStrategi, Andar Nubowo, juga memberikan dukungan positif terhadap Rizal Ramli. Ia menilai, Rizal Ramli merupakan kandidat terbaik untuk mengisi posisi Menko Perekonomian pemerintahan Jokowi-JK.

“Rekam jejak Rizal Ramli, kredibilitas serta integritasnya, sudah teruji,” tegas Andar yang juga dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pendapat sama disampaikan akademisi Universitas Paramadina, DR Herdi Sahrasad. “Rizal Ramli yang kini adalah salah seorang anggota Panel Ahli PBB untuk UNDP, pantas dijadikan Menko Perekonomian,” paparnya.

“Bang RR (Ramli Ramli) bisa ditempatkan Jokowi di posisi itu utk melakukan revolusi mental bidang ekuin,” tambah Herdi.

Bahkan, tokoh sepuh Muhammadiyah Prof Dr Syafii Maarif menyatakan, Rizal Ramli sebagai tokoh revolusioner era reformasi. Penilaian ini tentu dapat dijadikan Jokowi sebagai referensi.

Oleh karena itu, lanjut Adhie Massardi, sekarang pilihan ada di tangan Jokowi. “Rakyat sudah milih Jokowi sebagai pimpinan. Sudah sepatutnya Jokowi memberikan yang terbaik bagi rakyatnya” serunya. (Ars)

 

Related posts